Diakhir Masa Jabatan, Nengah Sudarsana Bagi Sembako

134
Mantan Perbekel Desa Tamblang Nengah Sudarsana bersama mantan Ketua Penggerak PKK Luh Mudartini saat penyerahan paket sembako kepada lansia dan jompo di Kantor Desa Tamblang.(ist)

BULELENG, MEDIAPELANGI.com— Ratusan lansia dan jompo di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Bali menerima paket sembako diserahkan I Nengah Sudarsana di akhir masa jabatannya selaku Perbekel Desa Tamblang.

Sedikitnya, 281 paket sembako gratis dibagikan kepada lansia dan jompo di Banjar Kelampuak, Banjar Tangkid, Banjar Kaja Kangin, Banjar Kaja Kauh dan Banjar Kelod Kauh. Penyerahan paket sembako merupakan simbol tali kasih dipusatkan di kantor desa setempat, pada Jumat (29/11/2019).

Terlihat menarik, sejumlah tulisan yang menghiasi tas belanja ramah lingkungan berwarna hijau sebagai pengganti kantung plastik paket sembako. Terdapat empat kalimat penuh makna di tas belanja ramah lingkungan tersebut. Kalimat menghiasi tas ramah lingkungan diantaranya, Selalu Bersyukur, Tetap Semangat, Jangan Lupa Bahagia dan Tetaplah Menjadi Baik Sampai Akhir.

Baca Juga:  Pamit ke Sawah, Kakek Sumatra Ditemukan Tergeletak Tak Bernyawa

Nengah Sudarsana menjabat Perbekel dua periode masa bhakti 2007-2013 dan 2013-2019 itu mengungkapkan, kalimat dalam tas belanja ramah lingkungan merupakan ungkapan terimakasih tak terhingga kepada seluruh elemen masyarakat serta sesepuh desa Tamblang.

Menurutnya, tanpa peran aktif masyarakat dan doa restu dari sesepuh desa, niscaya seluruh program Pemdes (pemerintah desa) selama dua periode kepemimpinannya bisa berjalan sesuai harapan dan keinginan.

“Keberhasilan dan ketenteraman masyarakat selama ini, semuanya merupakan hasil kerja keras Pemdes bersama masyarakat. Salah satu kerja nyata, hibah mesin penjernih air bantuan dari pemerintah Jepang, saat ini sudah beroperasi  dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata mantan Perbekel Sudarsana.

Nah, kembali pada tas belanja ramah lingkungan dibagikan cuma-cuma, mantan Perbekel Sudarsana menyebut, tas ramah lingkungan merupakan upaya membantu pemerintah mengurangi timbulan sampah plastik.

Baca Juga:  Belasan Truk Terjaring Operasi Over Dimensi dan Overload di Jalur Tengkorak

“Bagaimana kita ikut berperan merawat bumi, ya dengan cara mengurangi penggunaan kresek atau kantong plastik,” imbuhnya.

Ketika ditanya, apa aktifitas pengisi masa pensiun selaku Perbekel?

Sudarsana hanya menjawab dengan kalimat singkat, “Jangan Lupa Bahagia,” sembari tersenyum.

Pesan mantan Perbekel Sudarsana kepada masyarakat desa Tamblang, agar kedepannya selalu menjaga kerukunan sudah terbangun dengan baik.

Tak hanya berbagi kasih dengan jompo dan lansia, mantan Perbekel Sudarsana juga menyerahkan perangkat lunak komputer berupa printer sebagai tali kasih kepada Bhabinkamtibmas desa Tamblang yang diterima langsung oleh Kapolsek Kubutambahan, AKP Made Mustiada di Mapolsek Kubutambahan.(mp/ar)