Dianggarkan di APBD, Koster Bakal Subsidi Ngaben Massal

41
foto - ist - Cagub Koster, saat menghadiri undangan ngaben massal di Banjar Tengah, Desa Tista, dan Desa Ngis, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (4/5).

KARANGASEM, MEDIAPELANGI.com – Calon Gubernur Bali no urut 1 Wayan Koster mengatakan bakal memfasilitasi dan memberikan subsidi dari APBD, untuk kegiatan pitra yadnya ngaben yang dilaksanakan secara bersama-sama. Hal ini sampaikan Koster, saat menghadiri undangan ngaben massal di Banjar Tengah, Desa Tista, dan Desa Ngis, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (4/5/2018).

Koster yang didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem Gede Dana, mengatakan, visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, yang kaitannya manusia mulai dari kelahiran, kemudian proses kehidupannya dan saat akhir kehidupannya atau kematian, harus menjadi menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, yang diimplentasikan melalui sejumlah program prioritas.

Upacara pitra yadnya yang dilakukan secara bersama-sama lanjut dia, adalah sangat mulia sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada leluhur yang telah mendahului kita. “ Kita akan fasilitasi dan diberikan bantuan (subsidi) melalui APBD, untuk pelaksanaan upacara Pitra Yadnya, ngaben massal, termasuk metatah gotong-royong, dan upacara yadnya yang dilaksaakan secara bersama-sama,”kata Koster.

Menurutnya, selain lebih efisien dari segi biaya, pelaksanaan upacara secara bersama-sama ini membangkitkan semangat kebersamaan dan gotong royong ditengah-tengah masyarakat. Model upacara yang dilaksanakan secara bersama-sama ini, juga sangat efisiensi dari segi biaya, tanpa mengurangi nilai kesakralan. Upacara pitra yadnya. Dengan kebijakan satu jalur, pihaknya juga mendorong pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengganggarkan dalam APBD, sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing daerah.(mp)