Dinas Peternakan Sisir Anjing di Jembrana untuk di Vaksin Anti Rabies

109
Dinas Peternakan Jembrana Sisir Anjing untuk di Vaksin Anti Rabies
Dinas Peternakan Jembrana Sisir Anjing untuk di Vaksin Anti Rabies

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Dinas Perternakan Kabupaten Jembrana mulai di sibukan dengan vaksinasi anjing.

Vaksinasi ini di lakukan ke seluruh desa yang ada di kabupaten Jembrana. Vaksinasi anjing rabies ini dilakukan untuk mencegah adanya penularan rabies yang belum tervaksin saat vaksinasi massal beberapa waktu lalu.

Populasi hewan penular rabies dikabupaten Jembrana tercatat sebanyak 42.090 ekor.Dari jumlah hewan penular rabies ini, yang sudah tervaksinasi saat vaksinasi massal beberapa waktu lalu tercatat baru 39.081 ekor,”kata Kabid Keswan dan Kesmavet Pemkab Jembrana I Wayan Widiarsa, Selasa (18/6/2019)

Menurutnya hal ini dilakukan guna mencegah penularan rabies dikabupaten Jembrana dari hewan penular rabies yang belum tervaksin, mulai hari ini hingga akhir bulan Juni ini, Dinas Peternakan Kabupaten Jembrana melaksanakan penyisiran vaksinasi rabies.

Penyisiran vaksinasi rabies ini difokuskan pada anjing atau hewan penular rebies yang belum tervaksin. Untuk mencegah adanya hewan penular rabies yang belum tervaksin sehingga rentan akan tertular rabies.

Dinas Deternakan Jembrana mencatat jumlah kasus gigitan anjing dikabupaten Jembrana dari bulan Januari 2019 hingga bulan Mei 2019  tercatat 1.258.

Dari data jumlah kasus gigitan anjing tersebut, terdapat tujuh kasus gigitan positive anjing rabies. Korban akibat gigitan anjing  terjadi pada (9/6/2019) di kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Dan hasilnya positive saat uji laboratorium. Terkait hal itu pula dengan melakukan vaksinasi untuk mengurangi penyebaran rabies lewat vaksinasi anti rabies. (ka-ak)