Diskes Tabanan Gelar HKN ke 54 Dirangkaikan dengan Deklarasi ODF

472
Diskes Tabanan Gelar Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54

TABANAN, MEDIAPELANGI.com– Dinas Kesehatan (Dikes) Tabanan menggelar Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 dengan tema “Aku Cinta Sehat”, di Lapangan Tenis, komplek Alit Saputra, Dangin Carik Tabanan, Senin (12/10/2018).

Banyak kegiatan yang digelar sebelumnya guna menyambut HKN ke 54 tersebut, diantaranya, persembahyangan di Pura Luhur Pekendungan dirangkai dengan Dharma Wacana dari Guruji Anand Krisnha, Seminar dengan tema pemeriksaan hematologi rutin pada praktis klinis untuk tenaga medis di FKTP dalam era BPJS dan Geriatric Problems, juga lomba video promosi kesehatan.

Hari Kesehatan Nasional merupakan salah satu hari besar yang diperingati setiap setahun sekali, tepatnya pada tanggal 12 Nopember. Kali ini HKN ke 54 yang diselenggarakan oleh Diskes Tabanan dirangkaikan dengan Deklarasi ODF (Open Defecation Free), jelas Ketua Panitia Acara Dr. I Wayan Suartika.

Dijelaskannya juga bahwa ODF tersebut adalah merupakan salah satu program dari Dinas Kesehatan Tabanan, dimana diharapkan masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan. Program itu telah diluncurkan di 6 Desa di 4 Kecamatan di Tabanan. Diantaranya, Desa Tua, Desa Selanbawak, Desa Jatiluwih, Desa Kesiut, Desa Timpag dan Desa Pejaten.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi sekaligus menandai Perayaan HKN dengan pemotongan Tumpeng. Nampak juga Asisten II Setda Kab. Tabanan I Wayan Miarsana, Forkopinda, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, juga seluruh Tenaga Kesehatan di Kabupaten Tabanan.

Saat itu I Wayan Yatnanadi yang berkesempatan membaca sambutan dari Bupati Tabanan, diatas mimbar mengatakan bahwa tema HKN “Aku Cinta Sehat” dan sub Tema “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita”, sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga. Mengajak seluruh komponen Bangsa dengan kesadaran.

“Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengkomsumsi beragam sayur dan buah sebagai salah satu upaya berprilaku hidup sehat, yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)”, ucapnya.

Dikatakan juga bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran kesehatan di Tabanan atas segala usahanya. Melalui kesempatan ini diharapkan agar tenaga kesehatan di Tabanan menggunakan momentum HKN ini sebagai salah satu upaya konsolidasi demi meningkatkan persatuan dan kesatuan yang berkesinambungan untuk menghadapi era masyarakat ekonomi Asean (MEA).

“Disamping itu pula, sesuai dengan tema HKN ke 54. Mari kita tingkatkan dan berdayakan kemanpuan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu”, harap pihaknya.

Pihaknya juga menghimbau agar semua fasilitas Kesehatan, baik Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, Puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar dan terakreditasi secara Nasional.

“Sekali lagi mari kita bersama-sama memohon agar kita selalu mendapatkan perlindungan dan petunjuk-nya, sehingga pembangunan kesehatan yang dilaksanakan di Kabupaten Tabanan dapat mencapai hasil yang dicita-citakan”, imbuhnya. (rls).