Dog Agility, Kampanyekan Anjing Sehat dan Bebas Rabies

24
foto- Salah satu anjing yang ikut dalam lomba dog agility,

GIANYAR, MEDIPELANGI.com – Aksi  ratusan anjing pintar dari seluruh Bali yang ikut dalam lomba dog agility, yang digelar pecinta anjing dari seluruh Bali, di lapangan Astina Gianyar.Senin (9/4/2018).

Selain untuk menguji kemampuan anjing, ini juga menjadi kampanye memelihara anjing yang sehat, bebas rabies, dan dapat menjadi pelindung bagi tuannya.

Dalam lomba yang dibagi dalam dua katagori, senior dan yunior dari berbagai jenis anjing, Labrador, Rottweiler, bulldog, dan  anjing lainnya, termasuk anjing Kintamani. Adu agility atau kelincahan, untuk menaklukkan berbagai sesi melompat,  menaklukkan rintangan, serta adu cepat.

Ratusan anjing inipun telah terlatih dan dipelihara dengan standar kesehatan oleh pemiliknya masing-masing.

Selain untuk menguji kemampuan anjing, ini juga menjadi kampanye memelihara anjing yang sehat, bebas rabies, dan dapat menjadi pelindung bagi tuannya,”ungkap salah satu peserta I Komang Pica.

Dengan latihan ruton dan metode yang benar pasti bisa, ini sudah satu tahun, tergantung jenis anjingnya juga.

Sementara itu menurut Ketua kelompok pecinta anjing I  Ketut Kusumayadi mengatakan, khusus agility sudah terlatih senior dan yunior, kelas jamping dibagi dua kelas serta ada lomba lainnya,  speed full atau kecepatan. Juga  lomba fun untuk memeriahkan,” katanya.

Untuk melatih anjing mampu tampil lincah seperti ini,   memerlukan kesabaran, dan latihan khusus, di sesuaikan dengan jenis permainan yang akan dilombakan. (ka-ad)