Dorong Partisipasi Masyarakat, Pemkab Gianyar Laksanakan Coastal Clean Up

54

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com – Raih penghargaan Adipura dan yang terbaru, Penghargaan Kalpataru tidak membuat Kabupaten Gianyar berpuas diri, kini  Pemkab Gianyar bersinergi dengan Pemprov Bali dan beberapa komunitas peduli lingkungan laksanakan  coastal clean Up di Pantai Saba, Jumat (31/8/2018).

Kegiatan ini merupakan aksi nyata dalam upaya mendorong partisipasi semua komponen untuk secara aktif menjaga kebersihan kantor, lingkungan, tempat suci, sungai, pantai di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I WayanSuardana  mengatakan kegiatan kali ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran semua pihak dalam menjaga kebersihan dan peduli sampah di Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini diharapkan mendorong partisipasi semua komponen untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan serta peduli sampah.

“Aksi peduli lingkungan dan peduli sampah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Gianyar. Kegiatan ini merupakan momentum untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” terang Wayan Suardana.

Selain itu, kegiatan bersih-bersih lingkungan dan peduli sampah merupakan program yang dilaksanaan secara berkala oleh Pemkab Gianyar dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Hal ini mengingat Gianyar pada khususnya, Bali pada umumnya merupakan destinasi wisata internasional sehingga keamanan dan kebersihan itu sangat penting, terutama sampah plastik dan sampah lainnya.

“Tidak hanya dari pemerintah saja, semua komponen masyarakat, baik lembaga LSM, maupun organisasi lainnya. Semua, kita harapkan melakukan kegiatan yang sama yaitu menjaga kebersihan lingkungan, pantai khususnya. Mewujudkannya perlu sinergitas antara pemerintah dan komponen masyarakat atau lembaga sosial lainnya,” ujar Wayan Suardana.

Lebih lanjut Wayan Suardana menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih akan terus dilakukan, akan menyasar seluruh wilayah mengingat Kabupaten Gianyar memiliki potensi yang sangat besar untuk perkembangan pariwisata. “Kegiatan bersih-bersih akan terus dilaksanakan guna menjaga kebersihan lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Gianyar” pungkas Wayan Suardana.

Hal senada juga diungkapkan Kasi Sarana Prasana Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Wayan Subawa bahwa sebagai daerah pariwisata Gianyar harus selalu menjaga kebersihan agar lebih menarik perhatian dunia. Disamping itu Wayan Suamba menambahkan bahwa kegiatan Coastal Clean Up kali ini bertujuan untuk membersihkan pantai dari sampah plastik mengingat telah ditemukannya gunungan plastic di dasar laut atlantik.

“ Kegiatan Bersih-bersih pantai kali ini merupakan program berkelanjutan untuk menjaga kebersihan kawasan pesisir mengingat telah ditemukannya gunung plastic di Dasar Laut Atlantik. Sampah plastic yang terkumpul merupakan kiriman dari hulu. Kegiatan costal Clean Up bertujuan membersihkan sampah plastic di pesisir sebelum menjadi gunungan sampah baru di dasar laut.

Gerakan ini akan terus berlanjut sehingga masyarakat  sadar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan gerakan ini merupakan  starter up untuk memancing peran serta dan kesadaran  masyarakat. (cintya)