Formasi CPNS 2018 di Tabanan Didominasi Tenaga Guru

4676
Ilustrasi CPNS 2018

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan berhasil mendapat jatah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 319 formasi .

Kepala Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Wayan Sugatra mengatakan setelah dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, akhirnya ditetapkan kabupaten Tabanan mendapat jatah 319 untuk lowongan CPNS tahun ini.

Dari 319 formasi 29 formasi  khusus untuk K2,  dari jumlah K2 di Tabanan sebanyak 549 yang ada. Kemudian sisanya 290 untuk formasi  umum. Pelamar umum yang terdiri dari tenaga guru (pendidikan), kesehatan, tenaga infrastruktur dan core busines,’tuturnya.

Dituturkan Sugatra formasi lowongan CPNS untuk Tabanan tersebut sesuaikan dengan usulan pengajuan yang dilakukan sebelumnya kepada Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Untuk usulan formasi CPNS tahun 2018 di Tabanan sebanyak 319 yang dibutuhkan.

Angka ini terdiri dari Tenaga Pendidikan sebanyak  176 orang, Tenaga Kesehatan 88 orang dan 55 orang untuk Tenaga Teknis yang membidangi infrastruktur dan core busines.

Sesuai dengan ketentuan untuk calon pemalamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu intansi Pemerintah dan satu fomeasi jabatan. Sedangkan untuk persyaratan umum harus dipenuhi oleh setiap pelamar seperti sudah diatur pada peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2007 tentang manajeman PNS,”katanya.

Penerimaannya nanti akan serentak dibuka seluruh Indonesia, mungkin sekitar tanggal 19 September, karena satu Portal pendaftaran.

Dalam penerimaan CPNS kali ini lebih transparan, karena tes langsung ditentukan dari pusat. Tes CPNS yang dilakukan nantinya dengan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan tes seleksi kompetensi bidang (SKB). khusus para pelamar CPNS di Sulawesi Barat, seluruhnya akan menjalani Computers Assisten Test (CAT).(ka).