Gerakan Sadar Pilkada Dan Pemilu KPU Tabanan Gelar Jalan Sehat

40

Tabanan,mediapelangi.com-Untuk meningkatkan dan kesadaran dalam partisipasi pemilih dalam pilkada serentak 2018, KPU Tabanan menggelar acara sosialisasi melalui acara jalan sehat. Pemilihan Serentak 2018 di Tabanan.

Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak di seluruh Indonesia. Di Tabanan sendiri, acara gerak jalan ini dipusatkan di Lapangan Alit Saputra Tabanan, Minggu (29/10). Pelepasan ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Kegiatan jalan sehat ini dilaksanakan untuk bertujuan untuk menggerakan dan menyadarkan masyarakat bahwa tahun 2018 dan tahun 2019 akan dilaksanakan pemilu serentak. Tahun 2018 dilaksanakan pilgub Bali, sedangkan 2019 akan dilakukan pemilihan anggota legislati dan pemilihan presiden,” jelas Ketua KPU Tabanan Luh Darayoni, Minggu (29/10).

Dikatakan untuk itu diharapan pada tanggal 27/6/2018 untuk datang ke TPS dalam menyukseskan pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur,bagaimanapun kita harus tetap menjaga prestasi kita sebagai partisifasi pemilih yang tertinggi di Bali harus dipertahankan dengan gerakan jalan sehat ini diharapkan bisa untuk menggugah dan sekaligus menyadarkan masyarakat pemilih dan mengunakann hak suaranya dengan baik,”harap Darayoni.

foto- Wakil Bupati Komang Gde Sanjaya didampingi Ketua KPU Luh Darayoni, Acara Gerak Jalan Sehat Pemilihan Serentak 2018 di Tabanan.

Adapun peserta jalan sehat ini dari unsure partai politik,pemilih pemula,pra pemilih dan ada juga dari disabilitas serta masyarakat umum dengan jumlah peserta sekitar 500 orang.

Saat disinggung partisipasi pemilih di Tabanan Darayoni menjelaskan dengan partisipasi paling tinggi di Bali dan diharapkan tetap bisa dipertahankan dan target bisa tercapai untuk pilgub dan pemilu selanjutnya,sementara target nasional 75% namun diharapkan di Tabanan bisa dicapai sekitar 80%,”jelasnya.

Karena penyelenggaraan Pemilu serentak beririsan dengan Pemilu Serentak 2019 tak dapat dipungkiri suhu politik akan lebih hangat.  Jadi penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegritas,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut para peserta jalan sehat tidak dikenakan biaya. Namun mereka akan memperebutkan doorpize yang cukup menarik. Antara lain, hadiah Kulkas, TV, Kipas angin,Mesin cuci,dan hadiah hiburan lainya.

Dengan kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi gerakan sadar pemilu melalui jalan sehat. Apalagi karena pesertanya dari kalangan parpol. ”Walaupun berbeda warna parpol namun dalam kegiatan jalan sehat masyarakat bisa bersatu, dan saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.(*mp-eka).