Gudang Pelatih Silat Terbakar

62

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Gudang milik Pelatih Silat I Made Wirata (51) di Banjar Bongan Puseh Desa Bongan Tabanan terbakar, pada Sabtu sore (23/06/2018) sekitar jam 19.15 wita. Kebakaran tersebut menghanguskan satu unit kompresor, motor Vespa, motor Honda 70, yang terparkir di gudang tersebut. Dan akibat kejadian tersebut, Wirata menderita kerugian Rp30 juta.

Api pertamakali diketahui saksi I Kadek Agus Jaya Wardita yang berada di kiosnya sekitar 50 meter dari TKP, sekitar pukul 19.15 wita. Sebelum melihat api, ia terlebih dahulu mendengar suara ledakan seperti orang menyalakan petasan.

Namun setelah dilihat, ternyata api sudah membumbung tinggi di TKP yang dalam keadaan tidak ada penghuninya. Kadek pun segera berteriak meminta pertolongan warga sekitar serta menghubungi PMK Tabanan. Selang 10 menit sekitar pukul 19.25 wita, 2 unit pemadam Tabanan tiba di lokasi. Akhrinya, api dapat dijinakan sekitar 25 menit kemudian.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat isteri Wirata yakni Ni Wayan Suweca (49) tidak sempurna memadamkan api dalam tungku setelah selesai memasak di gudang tersebut, sekitar pukul 16.00 wita. Sehingga, diduga percikan api mengenai serabut kelapa dan kayu bakar akibat ditiup angin. Mengingat gudang ini tidak ada temboknya.

Sementara, Wirata sendiri mengetahui gudangnya terbakar sekitar pukul 20.30 wita. Karena, seperti biasanya ia berangkat ke Kawan Sport untuk melatih Silat Perisai Diri. Sementara isterinya, setelah selesai memasak, pergi meninggalkan rumah menemani menantunya sekitar pukul 18.30 wita ke klinik untuk memeriksa kandungan. Sehingga rumah dalam keadaan kosong tidak ada orang.

Untuk diketahui, Gudang yang terbakar berukuran 2,5 X 3 meter merupakan bangunan terbuka yang berdiri dengan 4 tiang penyangga beratapkan genteng tanpa tembok digunakan untuk memarkir sepeda motor dan juga dipergunakan oleh Ni Wayan Suweca untuk memasak barang dagangan seperti jagung rebus, pisang rebus, kue Bali dan lainnya.

Selain itu, gudang juga oleh anak korban dipergunakan sebagai tempat untuk memodifikasi sepeda motor tua seperti vespa dan sepeda motor, sehingga digudang tersebut banyak terdapat kayu bakar, serabut kelapa dan kompresor beserta berbagai jenis cat, bensin dan tinner.

Kapolsek Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut, Minggu  (24/06/2018). “Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan karena tunggu tidak dipadamkan dengan sempurna. Sehingga diduga ada percikan api karena tertiup angin,” jelasnya. (mp)