Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai Tetap Beroperasi

227
Bandara Ngurah Rai
Bandara Ngurah Rai

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Hujan abu vulkanik saat Gunung Agung erupsi pada minggu dini hari menyebar ke beberapa wilayah di Bali. Sebaran abu tipis juga meluas hingga ke area Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kabupaten Badung.

“Hasil paper test di Bandara Ngurah Rai positif abu vulkanik yang sangat tipis. Artinya bahwa Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali terdapat tanda-tanda temuan sebaran abu vulkanik,” kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Haruman Sulaksono, Minggu (21/4/2019) di Bandara Ngurah Rai.

Sulaksono menerangkan, dari hasil pemindaian LIDAR terpantau ada sebaran abu vulkanik tipis dan tidak merata dengan radius 0-1500 meter dari Bandara pada ketinggian 500 meter dari permukaan tanah.

Pasca ditemukan paparan abu vulkanik, pengecekan terhadap pesawat kemudian dilakukan oleh pihak bandara. Dua pesawat yang baru landing di Ngurah Rai juga tak luput diperiksa secara teliti. Semua maskapai lalu diimbau untuk saling memberi informasi agar aktivitas Gunung Agung terpantau.

Dari laporan Pilot yang masih mengudara, diketahui bahwa sudah tidak ada gumpalan debu vulkanik ataupun peningkatan status Gunung Agung. Observasi meteorologi penerbangan (METAR) pada pukul 10.30 Wita sudah tidak menunjukan adanya sebaran abu vulkanik di sekitar wilayah bandara.

“Dengan mempertimbangkan seluruh data dukung dari seluruh stakeholders, maka Bandara I Gusti Ngurah Rai dinyatakan tetap beroperasi normal dan tetap memonitor perkembangan selanjutnya,” terang Sulaksono. (aw)