Harga Anjlok, Peternak Bagikan Ayam Gratis di Tabanan

28
Harga Anjlok, Peternak Bagikan Ayam Gratis ke Warga Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com  – Peternak Rakyat Bali membagikan ayam secara gratis kepadamasyarakat secara gratis di Kabupaten Tabanan, Senin (31/8/2020)

Hal tersebut dilakukan,melihat kondisi peternak sudah tidak mampu membeli pakan maupun bibit guna melangsungkan produksi ternak, itu disampaikan, Ketua Asosiasi Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Broiler Bali, I Ketut Yahya Kurniadi,Senin,(31/8) disela kegiatan tersebut.

“Ada seribu ekor Ayam dengan berat 2 sampai 3 kilo dibagikan hari ini dari perhimpunan peternak di seluruh Bali.Ini merupakan bentuk keprihatinan kami juga.Ini aksi pertama yang spontanitas dilakukan menyasar daerah Tabanan dan selajutnya akan menyasar daerah-daerah lainnya di Bali”, jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Rakor Disiplin Penegakan Hukum Prokes dalam Pilkada 2020

Adapun faktor penyebab terjadinya hal tersebut, karena persediaan stok Ayam meluber.Selain itu,daya beli masyarakat terlihat ikut menurun.Padahal antisipasi telah kita lakukan,seperti dengan membatasi jumlah ayam masuk.Jika dilihat sebelumnya,dalam perhari total ayam masuk rata-rata 100persen dan telah dikurangi sebesar 50 sampai 60 persen.

“Meskipun pengurangan tersebut telah dilakukan, akan tetapi tetap over supply masih tetap terjadi.Kita tidak mampu memelihara lagi karena, pokoknya saja sudah dikisaran harga Rp 19.500.Bukan untung kita dapatkan melainkan, buntung jika dilihat dari jumlah tersebut buntungnya”,ujarnya.

Terkait kondisi tersebut Dirinya berharap,Pemerintah harus ikut melakukan evaluasi.Setidaknya, lembaga eksekutif harus mampu menganalisanya juga.

Baca Juga:  Sanjaya Minta Kader Banteng Jangan Saling Sikut, Singkirkan Konflik dalam Pilkada Tabanan 2020

“Jika dilihat saat ini, telah ada 2 Pergub yang mengayomi kita. Akan tetapi, saat ini tidak ada yang jalan dan tidak ada yang mengawasi juga.

Selain itu dirinya menambakan,Pemerintah Provinsi Bali setidaknya  harus sigap juga,apa lagi dalam kondisi Covid-19 saat ini. Yang terpenting dalam hal ini,sebaran bibit Ayam yang harus dikontrol.

“Jika masih kondisinya seperti terjadi saat ini,tentu kita akan tetap melakukan aksi yang sama (aksi sosial) seperti apa yang telah dilakukan saat ini disini (Tabanan)”,tutupnya.(mp)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here