HUT Ke 74 RI, OPD Pemkab Tabanan Kenakan Pakaian Adat Nusantara

431
HUT Ke 74 RI, Seluruh OPD Pemkab Tabanan Kenakan Pakaian Adat Nusantara

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – – Apel peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk tingkat Kabupaten Tabanan terlihat unik, karena para pesertanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke – 74 RI kali ini setiap OPD di Lingkungan  Pemkab/Pemkot diwajibkan memakai pakaian khas daerah dari daerah lain atau nuansa nusantara, dan peserta apel mengenakan pakaian khas daerah masing-masing.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, pimpin apel Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 74, yang digelar di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan, Sabtu, (17/8/2019).

Saat apel, selaku Inspektur Upacara, Bupati Eka terlihat anggun mengenakan pakaian kebaya berbalut bawahan kain ndek merah, selaras dengan selendang merahnya. Detik-detik proklamasi dibacakan oleh I Nyoman Arnawa, yang juga selaku  Ketua DPRD sementara Kabupaten Tabanan.

Terlihat ratusan peserta apel yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat sangat khidmat mengikuti apel. Puncaknya saat pengibaran bendara Merah Putih oleh para Paskibraka yang merupakan siswa-siswi terbaik SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Tabanan. Tampak dengan penuh semangat nasionalisme mengibarkan bendera Merah Putih.

Baca Juga:  Ikuti Petunjuk Geogle Map, Truk Melintang di Jalan Desa Pejaten

Usai apel, Bupati Eka menegaskan bahwa semua elemen masyarakat Tabanan sangat gembira mengikuti pelaksanaan apel kali ini yang bertemakan nuansa Nusantara. Bagaimana tidak, menurutnya apel kali ini sangat membangkitkan rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi dan membangkitkan rasa Nasionalisme.”Rasa kedaerahan, rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi, rasa nasionalis itu semakin dibangkitkan,” ucapnya.

Bupati Eka menyatakan, dengan memakai pakaian adat yang bernuansa nusantara pada momen-momen seperti ini menimbulkan suatu kebanggaan menjadi Bangsa Indonesia.

“Dan ini membuat kita bangga menjadi rakyat, menjadi Bangsa Indonesia yang mempunyai banyak, etnis, suku dan budaya, tempat lain kan belum tentu punya. Ini adalah harta karun kita. Pak Jokowi pun apel bertemakan nusantara, kenapa kita tidak,” imbuhnya.

Baca Juga:  Melawan Saat Diamankan, Residivis Pembobol Rumah Kosong Didor Polisi

Meski harus menghimbau dan memilih baju daerah yang harus dipakai, Bupati Eka mengatakan itu bukanlah hal yang susah, namun Dirinya menyatakan banyak makna dan manfaat yang didapat. “Yang penting rasa nasionalisme kita tumbuh. Itu besar sekali manfaatnya untuk kita. Indonesia itu Negara yang kaya raya banget yang punya harta luar biasa, khususnya seni dan budaya yang harus kita cintai.

Kalau bukan kita yang mencintai, siapa lagi. Ayo nanti kita momen-momen apa saja kita pakai baju adat nasional.”Penggunaan busana adat perlu didukung dan harus bangga sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai adat. “Kita bisa tunjukkan pada dunia bahwa inilah Indonesia,”ungkapnya.

Apel peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut berlangsung dengan khidmat yang dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tabanan,para veteran,  ASN Pemkab Tabanan, TNI/Polri, dan pelajar serta undangan lainnya.(ka)