Inovasi Rai Mantra Untuk Berikan Layanan Terbaik Bagi Masyarakat

59
foto - ist - Cagub Rai Mantra saat bertemu Warga

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Pelayanan publik yang berkualitas, cepat dan transparan di setiap pemerintah daerah selalu menjadi harapan masyarakat. Pelayan publik yang seperti itu tentu lahir dari visi seorang pemimpin yang bersedia menjadi pelayan rakyat bukan sebaliknya pemimpin yang harus dilayani rakyat.

Selama dua periode memimpin Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menunjukkan konsistensi dan komitmennya sebagai pemimpim yang melayani atau servant leadership melalui perbaikan terus menerus pelayanan publik.
“Pak Rai Mantra adalah sosok pemimpin yang melayani rakyat. Berbagai inovasinya diarahkan untuk memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat,” kata tokoh masyarakat Denpasar yang juga anggota DPRD Bali Ida Bagus Udiyana, Kamis (3/5/).

Keseriusan Rai Mantra menjadi pemimpin yang melayani melalui peningkatan pelayanan publik tercermin dari berbagai pengharaan yang diraih Kota Denpasar saat dipimpinnya dan juga terkait dengan indeks pembangunan manusia dan indeks kebahagian masyarakat Denpasar. Untuk mewujudkan spirit “Sewaka Dharma”yang artinya melayani adalah kewajiban, Rai Mantra mendorong dan mengarahkan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Denpasar memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Hal itu diwujudkan dalam satu pelayanan publik di Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Inovasi Rai Mantra lalu kembali diapreasiasi ketika diluncurkannya Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkot Denpasar awal 2018 lalu yang merupakan MPP pertama yang diresmikan tahun ini dan yang keempat di Indonesia setelah Surabaya, Banyuwangi dan Jakarta. Total ada 198 jenis pelayanan publik yang bisa diakses di MPP Pemkot Denpasar ini dan juga menggandeng berbagai instansi. Mulai dari pelayanan kependudukan, penguruzan ini, perpanjangan SIM, pengurusan pajak, pelayanan kelistrikan, informasi pengurusan paspor dan lain-lain.

Hal lain yang menjadi bukti Rai Mantra sebagai pemimpin yang melayani adalah terkait IPM Kota Denpasar yang tertinggi di Indonesia mencapai angka 82,58 dan indeks kebahagiaan masyarakat yang mencapai 74,63. “Ketika IPM tinggi dan indeks kebahagiaan masyarakat tinggi itu artinya pemimpinnya mampu melayani rakyatnya dengan baik. Hal itu mampu dibuktikan Rai Mantra,” tegas Udiyana.

Dengan berbagai tantangan dan dinamikan perubahan yang cepat di era disruption, Bali membutuhkan sosok pemimpin yang melayani seperti Rai Mantra. Percepatan inovasi dan kreativitas pembangunan daerah dan peningkatan pelayanan publik di seluruh Bali bisa didorong Rai Mantra. Caranya dengan membangun komunikasi dan koordinasi yang baik bersama bupati/walikota dan mewujudkan spirit “Sewaka Dharma” melayani adalah kewajiban. Terlebih Rai Mantra dinilai memiliki kemampuan merangkul semua kalangan.(nwm)