Intens ikuti Sosialisasi E-Sakip, Bupati Eka Tekankan Efisiensi Kinerja

101
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti

TABANAN, MEDIAPELANGI.com  – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menghadiri sekaligus memantau pelaksanaan Bimtek dan Sosialisasi Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Berbasis Elektronik (E-Sakip) di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabanan, Jumat (2/11/2018).

Bimtek ini merupakan bimtek hari kedua setelah digelar sehari sebelumnya. Dalam kesempatan tersebut Bupati Eka mengungkapkan sistem e-sakip ini sangat penting karena dapat meningkatkan akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi kinerja instansi sehingga dapat mewujudkan good governance yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mewujudkan kesejahteraan, kita memerlukan efisiensi. Kita harus memiliki frame dan dasar yang jelas. Dengan adanya e-sakip kita bisa menghitung semuanya secara terkonsep dengan jelas. Tidak hanya outputnya saja, tapi nilai dan bobotnya sesuai dengan kemampuan kita”, ungkapnya.

Dikatakannya juga ke depan dengan adanya dunia IT dan teknologi Pemkab Tabanan diharapkan bekerja lebih efekif dan efisien. Dengan adanya e-sakip ini sudah tentu berimbas dengan pelayanan dan laporan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

“Dengan adanya e-sakip ini kita dapat bekerja efisien. Jadi dalam menerima laporan tentang kinerja sudah bisa melalui laptop atau android, tidak perlu lagi memakai kertas-kertas dan bisa diakses kapan saja.” katanya.

Bupati Eka juga berpesan agar keseriusan dalam mengikuti bimtek pada hari ini dilakukan secara berkelanjutan. Para peserta juga diharapkan untuk aktif bertanya, sehingga benar-benar memahami sistem ini.

“Saya berharap kegiatan ini agar diikuti dengan serius oleh semua peserta khususnya para OPD dan Keseriusan jangan  hari ini saja, harus to be continue. Dan setelah kegiatan ini harus direview lagi, karena ke depan kita akan anggarkan untuk latihan dan belajar. Belajar adalah investasi, dengan belajar kita akan lebih paham dan cerdas.” Ungkap Bupati Eka.

Bupati Eka juga mengatakan ke depan ada beberapa program yang diperlukan oleh Pemkab Tabanan diantaranya yakni E-Budgeting dan E-Planning. Dirinya juga menambahkan,  untuk para OPD agar dapat melihat program yang bisa masuk atau diadopsi oleh Kabupaten Tabanan.

“Ke depan kita harus buat perencanaan. Jangan asal membuat program atau membeli tapi tidak ada efisiensinya. Tadi kita juga sudah melihat program-program inovatif di Pemerintah Kota Bandung, para OPD juga bisa melihat program mana yang cocok dan dapat diadopsi untuk Tabanan.

Sementara itu Medi Mahendra yang merupakan narasumber dari Pemerintah Kota Bandung memberikan apresiasinya kepada Bupati Eka serta seluruh jajarannya di Pemkab Tabanan. Dijelaskannya Tabanan merupakan Kabupaten ke-4 yang didampingi dalam Bimbingan SAKIP ini dan progress yang diberikan pun sangatlah baik.

“Saya memberikan apresiasi atas komitmen Bupati dan para OPD yang menunjukkan kinerja yang baik pada bimtek kedua hari ini. Entry data dan pemahaman yang kita sampaikan progresnya sangat membanggakan dan mereka sudah bisa mengentry data dengan baik. Saya yakin Tabanan akan menjadi yang termaju. ” ungkapnya.

Kegiatan Bimtek dan Sosialisasi Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Berbasis Elektronik (E-Sakip) ini sebelumnya telah dibuka pada Kamis (1/11) lalu. (rls)