IODI Tabanan Ajak Anak-Anak Dancesport Peduli Sosial dan Lingkungan

156
IODI Pengkab Tabanan mengelar kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Yayasan Gayatri Widya Mandala Jalan Wibisana, Desa Delod Pekan Tabanan, Kamis (6/6/2019)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Mengisi acara liburan dan cuti bersama Lebaran, Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI) Pengkab Tabanan mengelar kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Yayasan Gayatri Widya Mandala Jalan Wibisana, Desa Delod Pekan Tabanan, Kamis (6/6/2019), siang.

Rombongan IODI Tabanan tiba lokasi sekitar pukul 10.00 Wita dikomandoi oleh Ketua Pengkab IODI Tabanan AA. Sagung Bintang Sri Utami Dewi, SE  bersama kurang lebih 50 orang peserta lainnya terdiri dari atlet dancesport, pelatih, pengurus dan para orang tua atlet.

Di Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala keluarga besar IODI Tabanan diterima oleh Ketua Yasayan Eriana Erlisanti SPd., beserta anak-anak panti karena kegiatan sudah dikoordinasikan sebelumnya.

Selain untuk mengenal lebih dekat keberadaan yayasan yang menampung anak yatim dan terlantar ini, Ketua IODI Tabanan Gung Bintang mengatakan,  kegiatan bakti sosial hari ini sesunguhnya merupakan kegiatan belajar dan motivasi dalam rangka pembentukan karakter positif anak-anak dancesport Tabanan agar mereka senantiasa iklas berbagi kasih, berbagi pengalaman serta membangun rasa persaudaraan dengan orang lain tidak saja dilingkungan olahraga tetapi juga dengan lingkungan sekitar, terangnya.

“IODI Tabanan merupakan induk organisasi resmi yang dinaungi oleh KONI Tabanan, dan baru saja anak-anak ikut berpartisipasi dalam Porjar Bali 2019 dan berhasil memperoleh 1 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu, dan pada bulan September 2019 mendatang beberapa anak-anak IODI juga ikut memperkuat kontingen kabupaten Tabanan di Porprov Bali XIV 2019 yang mana kabupaten Tabanan sebagai tuan rumah”, ucap Gung Bintang.

Selanjutnya untuk membangun keakaraban dan saling mengenal,  pengurus yayasan dan IODI mengkemas acara dengan bernyanyi bersama dan pentas sejumlah category sekaligus untuk memperkenalkan apa itu olahraga dancesport.

Ditemui disela-sela acara,  Ketua Yayasan Eriana Erlisanti mengatakan menyambut baik kunjungan  IODI Tabanan disamping untuk mengasah prestasi di bidang olahraga juga mengajak anak-anak belajar berbagi kasih, peduli dengan sesama dan lingkungannya.  “Saat ini Yayasan Gayatri Widya Mandala menampung 30 anak asuh dari berbagai usia dan dari berbagai latarbelakang”, jelasnya.

Sementara saat dihubungi terpisah melalui telepon, Ketua KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan, SS menyambut baik kegiatan bakti sosial yang digelar Pengkab  IODI Tabanan. Kata dia, sesuai mandat UU No. 3/2005 tentang System Keolahragaan Nasional, bahwa keolahragaan nasional bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa. “Keolahragaan digolongkan menjadi tiga yaitu olahraga Prrstasi, Pendidikan dan Rekreasi”, terangnya.

Lanjutnya lagi, dalam dunia olahraga prestasi, KONI juga menggaungkan ajaran “Olimpisme” yaitu sebuah pemahaman tentang nilai-nilai olimpiade dan bagaimana membentuk karakter pemenang serta mengimplementasikannya dalam kehidupaan serhari-hari mulai dari lingkungan terdekat. Bisa tampil dan keluar sebagai pemenang di ajang olahraga dunia olimpiade adalah cita-cita dan capaian tertinggi bagi insan olahraga prestasi.

“Jadi olimpisme adalah dasar dan filosofi kehidupan yang mengkombinasikan keseimbangan jasmani dan rohani serta mengharmoniskan antara  dunia olahraga, kebudayaan dan pendidikan”, tandasnya (kr)