Jaga Kondusifitas Pilkada Bali, KNPI Tabanan Gelar Diskusi Publik

54
foto- KNPI Tabanan Gelar diskusi publik

TABANAN,MEDIAPELANGI.com –  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tabanan menggelar acara Diskusi Publik dengan tema “Membangun Etuka Politik Menuju Pilkada Bali Yang Damai” di ruang sidang Kantor DPRD Tabanan, Sabtu (28/4). Pada acara tersebut, mengundang narasumber Dr. Luh Riniti Rahayu dengan Tema ” Kesadaran Politik dan Partisipasi Pemuda dalam tahapan Pilkada Bali 2018″.

Acara tersebut dihadiri oleh 142 orang oeserta diantaranya Komisioner KPUD Tabanan I  Gede Putu Weda Subawa, Ketua Panwaslu Kab. Tabanan I Made Rumada, Kepala Kesbangpol Kab. Tabanan diwakili oleh Sekban Kesbangpol I Made Wirata. Perwakilan team pemenangan masing-masing paslon , I Wayan Lara mewakili Paslon 1 dan I Gede Budiatmika, mewakili Paslon 2. Kemudian juga dihadiri oleh OKP ( FKPPI,  BMI, PPN, Taruna merah putih, GP Ansor, Pemuda Pancasila, Pemuda muhamadiah, Hipmi, Peradah, KMHDI), dari Ormas (LB,  Baldika, PBB, Balanusa, Probo, Gema/Generasi muda Tabanan), Mahasiswa ( Stisip, Untab, Ikip, stikes, mapindo) dan perwakilan 11 SMA se Kab. Tabanan.

Acara ini di buka oleh Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi, alias Boping dilanjutkan dengan Penandatangan MOU antara Satuan Intelkam Polres Tabanan dengan KNPI.

“Intinya saya mengapresiasi yang sangat besar kepada KNPI Tabanan dan  Satuan Intelkam atas terselenggaranya acara ini, pembelajaran politik kepada generasi muda utamanya di Tabanan melalui acara ini dan secara resmi sudah dibuka acara diskusi politik menjelang Pilgub Bali 2018,” ujar Boping saat memberikan sambutan.

Dalam MOU, intinya adalah Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tahun 2018, KNPI kabupaten Tabanan menyatakan beberapa sikap. Diantaranya KNPI sebagai ujung tombak dalam membangun etika berpolitik menuju Pilkada Bali yang damai. Senantiasa berkoordinasi dengan Polres Tabanan dalam membantu menjada kondusifitas situasi Kamtibmas menjelang, pada saat maupun setelah pelaksanaan Pilkada Bali 2018. Kemudian menjunjung tinggi nilai-nilai Demokrasi, hukum dan budaya, berperilaku santun dan mentaati perundang-undangan yang berlaku.

foto – Kasat Intel Polres Tabanan AKP Komang Sri Subakti MOU dengan KNPI

Setelah pemaparan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara Diskusi Publik yang diawali oleh narasumber I Made Rumada. Rumada pada intinya menyampaikan bahwa Pengawasan dan Dinamika Pilkada Bali dari sudut pengawasan kita sebagai masyarakat harus memahami regulasi dan aturan pemilu, peran masyarakat masih kurang dalam pengawasan jalannya pemilu. Adanya permasalahan dalam tahapan pemilu selalu akan dikoordinasikan dengan KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, pelanggaran lintas sektoral seperti keterlibatan LSM dan Kades memang tidak ada undang” yang mengatur. Pejabat atau kepala daerah yang mengikuti kegiatan pemilu harus mengurus ijin cuti, jangan melakukan kampanye di lokasi/tempat yang dilarang oleh aturan pemilu.

Kemudian pemaparan dilanjutkan oleh narasumber Dr. Luh Riniti Rahayu yang pada intinya menyampaikan tentang Kesadaran Politik dan Partisipasi Pemuda dalam tahapan Pilkada Bali 2018 untuk menuju Pilkada yang damai.

“Masyarakat sebagai pemilih nantinya harus mengenal paslon dan mengetahui program-program dan cara kerja para paslon tersebut. Sehingga nantinya mendapatkan pemimpin yang baik dan menjadi wakil rakyat di dalam pemerintahan,” jelasnya. (mp)