Jelang Pencoblosan, Kapolres Tabanan Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

134
Sebagai persiapan akhir pengamanan pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 baik Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 maupun Pemilihan Legislatif (Pileg), Polres Tabanan melaksanakan Apel Kesiapan Pergeseran Pasukan BKO PAM TPS
Sebagai persiapan akhir pengamanan pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 baik Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 maupun Pemilihan Legislatif (Pileg), Polres Tabanan melaksanakan Apel Kesiapan Pergeseran Pasukan BKO PAM TPS, Senin (15/4/2019)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Sebagai persiapan akhir pengamanan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu 2019) baik  Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) Kepolisian Resor Tabanan melaksanakan Apel  Kesiapan Pergeseran Pasukan BKO PAM TPS, di Gedung Kesenian Ketut Maria, Tabanan, Senin (15/4/2019).

Personel yang dikerahkan dalam pengamanan Pemilu serentak 2019 sebanyak 1.118 personel  termasuk BKO  dari Polda Bali untuk pengamanan TPS di seluruh Tabanan. setelah kegiatan apel, pasukan langsung bergeser menuju TPS masing-masing. Intinya personel nantinya akan mengawal hingga kotak suara sampai kembali di PPK,” kata Kapolres Tabanan, AKBP I Made Sinar Subawa.

Lanjut Kapolres menambahkan, Pemilu tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, karena dilaksankaan secara serentak yakni lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Dengan demikian sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak. Perwira melati dua ini berharap kepada seluruh personil BKO agar dapat bersinergi dengan satuan yang menerima BKO dan potensi keamanan lainnya.

“Kepada seluruh personil yang dilibatkan dalam tugas pengamanan agar melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi serta personil PAM TPS agar berada diluar tidak boleh memasuki TPS, cek kesiapan TPS dan berkoordinasi dengan KPPS setempat,” tegas Kapolres.

Diharapkan pula kepada seluruh personel harus menyiapkan kesiapan fisik mengingat jumlah surat suara yang akan direkap ada lima jenis. Namun, pengmanan dan penyelenggara di Tabanan dipastikan aman dan lancar.

Disinggung mengenai wilayah mana yang termasuk rawan, Kapolres Sinar Subawa menegaskan tidak ada indikasi wilayah yang rawan konflik. Kemudian, tingkat kerawanan juga tidak dilihat dari banyaknya jumlah pemilih, namun tingkat kerawanan diukur dari indicator seperti hal-hal yang menyebabkan masyarakat tidak nyaman adanya (intervensi) mengenai hak politiknya. “Sementara kami tegaskan  saat ini belum ada indikasi wilayah yang rawan konflik di Tabanan,” tegas Kapolres.

Pihaknya juga mengimbau, agar seluruh masyarakat Tabanan  dapat melaksanakan pesta demokrasi ini untuk memilih pemimpin dengan riang gembira. “Mari kita sama-sama datang ke TPS untuk menggunakan hal pilih, dan jangan sampai ada yang golput karena satu suara menentukan pemimpin kita dalam waktu lima tahun kedepan,” tutupnya.(ka)