Joko Widodo: Program Padat Karya Bisa Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

78
foto-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek padat karya tunai dari pembangunan irigasi dan jalan produksi persawahan di Subak Jaka, Banjar Denuma,Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Jumat(23/2/2018).

TABANAN,MEDIAPELANGI.com-Mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Tabanan.Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek padat karya tunai dari pembangunan irigasi dan jalan produksi persawahan di Subak Jaka,Banjar Denuma,Desa Kukuh,Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.Jumat(23/2/2018).

Dari proyek ini, Jokowi berharap, program ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat dari keterlibatan warganya.

Dari program ini, katanya, masyarakat setempat akan merasakan manfaat dari perbaikan jalan-jalan yang dilakukan pemerintah. Peninjauan yang dilakukan Jokowi dari program yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Jokowi mengatakan program ini akan terus dilanjutkan. Hal ini dilakukan selain untuk membuka lapangan kerja di pedesaan,juga agar perputaran uang di masyarakat semakin meningkat.

Sementara itu Pekaseh Subak Jaka,Ir I Wayan Yusa mengungkapkan, kegiatan padat karya multi keuntungan. Selain mendapat perbaikan saluran irigasi juga ada pekerjaan rabat beton jalan pertanian. Secara ekonomi akan berimbas pada peningkatan penghasilan.Terutama menekan biaya angkut padi menuju jalan.

Wayan Yusa menerangkan,kegiatan padat karya berupa pengerjaan jalan pertanian dan saluran irigasi sepanjang 600 meter.Dana yang dikucurkan dari Kementerian PUPR sebesar Rp 600 juta.Sementara para pekerja mendapat upah Rp 85 ribu per hari dan Rp 125 ribu per hari untuk tukang.Estimasi pengerjaan kegiatan ini selama 50 hari.Wayan Yusa menambahkan, kegiatan padat karya sangat menguntungkan petani. Selain mendapatkan pembetonan jalan persawahan dan senderan saluran irigasi, material lokal juga laku.

Sekitar 20 menit Presiden Jokowi meninjau kegiatan padat karya tunai di Subak Jaka, Desa Kukuh. Kedatangan Presiden disambut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Camat Marga I Gusti Agung Alit Adiatmika, Ketua Komisi I DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi, Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto,dan Pekaseh Jaka Wayan Yusa.

Rombongan Presiden di antaranya Sekneg Pramono Anung, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Wakapolda Bali Brigjen Pol I Gede Alit Widana, dan Kepala Dinas PU Bali I Gusti Nyoman Astawa Riadi.

Kita harapkan semua Kementrian seperti ini,beberapa sudah.Artinya Kementrian yang lain untuk proyek-proyeknya di Daerah,kita sudah tekankan juga untuk segera dimulai, itu yang pertama, dan kedua, bajak pola padat karya, tunai”, tegas Jokowi.(eka)