Kandang Ayam Terbakar di Pagi, 5.000 Ekor Ayam Mati Terpanggang

491
Kandang Ayam Milik Ketut Sukanadi Yasa (57), warga Banjar Pagi, Desa Senganan, Kecamatan Penebel ludes terbakar (foto –ist)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Sebuah kandang berisi 5.000 ayam di Banjar Pagi, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai Rp 681 juta lebih.

Kapolsek Penebel AKP Ketut Mastra Budaya menuturkan bahwa kandang ayam yang terbakar tersebut berukuran 8×83 meter, dengan menampung sekitar 5.000 ekor ayam

“Kebakaran terjadi sekitar Jumat dini hari tadi. Kandang ayam berukuran 8 x83  meter itu milik I Ketut Sukanadi Yasa (57), warga Banjar Pagi, Desa Senganan, Kecamatan Penebel,”ujarnya saat dihubungi , Jumat (8/3/2019)

Dijelaskan kejadian kebakaran berawal dari saksi Heri (26) dan Nirkayanti (27) memberikan pakan ayam di kandang pada saat itu lampu masih menyala. selanjutnya  kedua saksi tidur didalam kandang bagian atas sekitar pada pukul 02.30 Wita terdengar suara seperti gedoran pintu gerbang terbuat dari seng beberapa kali setelah dilihat, ternyata pada pintu gerbang sudah dalam keadaan  gelap karena memang mati lampu seluruhnya, selanjutnya saya lihat ada api di arah kandang bawah sebelah timur laut Dari posisi saksi  tidur,”jelasnya.

Dugaan  kandang ayam diketahui terbakar  dari arah kandang bawah yang terbuat dari tiang beton dan bambu serta sekam.  Sehingga mempermudahkan api membakar kandang ayam,”katanya.

“Tidak ada korban jiwa, namun bangunan ludes dan 5.000 ekor ayam berusia 7 hari mati terbakar. Sehingga kerugian diperkirakam mencapai Rp 681 juta lebih,” tandasnya.(ka)