Kantin SDN 4 Dauh Waru Disidak BPOM

186
Petugas BPOM sidak di kantin SDN 4 Dauh Waru

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com –  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak ke kantin sekolah,untuk memeriksa menguji kesehatan jajanan dan makanan yang dijual di kantin sekolah tersebut.

Guna mengantisipasi kasus keracunan makanan dan minuman pada anak sekolah. Kali ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kantor wilayah Buleleng melakukan sidak ke kantin Sekolah di SDN 4 Dauh Waru kabupaten Jembrana. Kamis (15/11/2018).

Dikantin sekolah petugas BPOM mengambi 6 sample makanan dan minuman berupa 4 sample jenis minuman dan 2 sample jenis makanan termasuk nasi kuning yang biasa dibeli siswa untuk sarapan pagi.

Sample makanan dan minuman yang sudah diambil kemudian dilakukan pengujian dengan tes kit untuk mengetahui apakah makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah aman dari zat berbahaya seperti formalin,boraks,dan pewarna tekstil yang dapat mengancan kesehatan siswa.

Dari hasil tes kit terhadap 6 sample makanan dan minuman yang diambil di kantin SDN  4 Dauh Waru ini petugas memastikan makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah ini aman untuk dikonsumsi.

Selain  melakukan pengujian makanan dan minuman yang dijual di kantin, petugas BPOM kantor wilayah Buleleng juga memberikan edukasi kepada para siswa terkait bahaya jajan sembarangan termasuk ciri-ciri makanan dan minuman yang tidak aman untuk dikonsumsi.

Petugas Loka Pom Kantor Wilayah Buleleng Fenti Indah Nirawana mengungkapkan, kami sudah melakukan sampling terhadap 6 jenis makanan dan minuman dikantin. Setelah kami uji hasilnya negative jadi memenuhi persyaratan,’ungkapnya.

Dengan edukasi yang diberikan ini diharapkan para siswa bisa menyebarkan informasi yang diterimanya kepada teman maupun keluarga terdekatnya agar mampu melindungi diri dari produk obat dan makanan yang beresiko bagi kesehatan.(ka-ak)