Kapolda Bali Tutup Latihan Pengenalan Kemampuan Fungsi Brimob

341
- Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose
- Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose menutup latihan pengenalan kemampuan fungsi Brimob kepada Bintara Remaja Satbrimob Polda Bali

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose menutup latihan pengenalan kemampuan fungsi Brimob kepada Bintara Remaja Satbrimob Polda Bali. Upacara penutupan merupakan puncak tradisi dalam menerima personel baru Satbrimob Polda Bali.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengenalan fungsi dan tugas Brimob secara profesional kepada bintara remaja tahun 2019 yang baru bergabung pada Satbrimob,” kata Kapolda Bali dalam sambutan, Jumat (10/5/2019) di Danau Beratan, Kabupaten Tabanan.

Pelatihan pengenalan kemampuan fungsi Brimob dilaksanakan dari tanggal 5 April 2019 sampai dengan tanggal 8 Mei 2019. Kemudian dilanjutkan dengan latihan ganda selama dua hari mulai tanggal 9 Mei sampai dengan 10 Mei 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 19 personel bintara remaja fungsi Brimob serta 202 personel bintara remaja Dit Samapta Polda Bali yang ikut dalam kegiatan hiking saat latihan berganda.

Kapolda mengatakan, di era reformasi dan demokrasi saat ini, tugas dan tanggung jawab Polri akan semakin sulit. Begitu pun tugas dan tanggung jawab Korps Brimob Polri semakin berwarna.

Karena selain sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Pasukan Brimob juga menjadi garda terdepan dalan menghadapi ancaman serta gangguan keamanan berintensitas tinggi dalam negeri.

Latihan Pengenalan Kemampuan Fungsi Brimob
Latihan Pengenalan Kemampuan Fungsi Brimob

“Jadi situasi itulah yang akhirnya membutuhkan Satuan Brimob yang profesional dan handal serta mampu menghadapi segala macam tantangan untuk mem-back up satuan kewilayahan dalam mengungkap dan menangkap pelaku-pelaku kejahatan,” ungkap Kapolda.

Ditambahkan, pelatihan seperti menembak, jungle warfare, pengepungan, penggeledahan rumah, penghadangan kendaraan, drill kontak, bahaya garis, pengenal kemampuan bela diri, PHH serta materi interpersonal skill nantinya akan digunakan personel Brimob selama tugas di lapangan.

“Brimob adalah pasukan kebanggaan Polri. Jadi ini merupakan kebanggaan kalian menjadi anggota Brimob yang memiliki hirarki, displin, dan loyalitas yang tinggi kepada satuan,” ucap Irjen Pol. Petrus Golose.

Upacara yang juga dihadiri Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, Pejabat Utama Polda Bali dan Kapolres/Ta se Bali ini dilanjutan dengan penanggalan pita tanda peserta latihan, instruktur dan penyiraman air kembang serta pemakaian baret oleh Kapolda Bali kepada bintara remaja Satbrimob Polda Bali. (aw)