Kebun Raya Jagatnatha, Mutiara Hijau di Jantung Kota Negara

323
Peresmian Kebun Raya Jagatnatha yang dijuluki Mutiara Hijau di Jantung Kota Negara.

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Guna memanjakan wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Jembrana Bali, Kamis (5/12/2019) malam. Peresmian Kebun Raya Jagatnatha yang dijuluki Mutiara Hijau di Jantung Kota Negara.

Kebun Raya Jagatnatha yang memiliki luas lebih dari 6 hektar tersebut digadang-gadang menjadi kebun raya terindah yang pernah ada lantaran memadukan keindahan alam dengan berbagai tanaman endemik khas Kabupaten Jembrana serta tanaman obat dan upakara dengan kemegahan Pura Jagatnatha dengan ukiran khas Balinya yang berada di tengah-tengah kebun raya.

Bupati Jembrana I Putu Artha usai peresmian menjelaskan, dengan di bangunya kebun raya masyarakat Jembrana terutama anak sekolah akan paham bahwa itu pentingnya kebun raya Jagatnatha.

Baca Juga:  Dukung Pembangunan Gedung Majelis Adat, Gubernur Koster Terima CSR Rp 2,5 Milliar dari BNI

Untuk itu kami harapkan masyarakat Indonesia yang melewati Bali melalui jalur darat Gilimanuk untuk bisa mampir ke Kebun Raya Jagatnatha. “Dengan adanya fungsi kebun raya ini, saya percaya akan dapat menekan stres atau perilaku kekerasan di masyarakat. Sehingga akan terwujud lingkungan yang aman, tenteram, bersih, indah, sejuk, dan nyaman. Saya juga berharap, seluruh warga yang masuk Bali melalui lintas darat, juga mampir ke Jembrana,” imbuh Bupati Artha.

Saat ini Kebun Raya Jagatnatha mempunyai koleksi tanamn usada atau obat-obatan sebanyak 26 suku, 45 nomor koleksi, dan 36 genus. Selain itu di Kebun Raya Jagatnatha ini juga mempunyai koleksi tnaman upakara sebanyak 38 suku,101 nomor koleksi,dan 85 genus.

Baca Juga:  Biadab, Ayah di Jembrana Tega Setubuhi Anak Kandungnya 4 Kali

Ditempat ini juga terdapat koleksi tanaman endemik khas kabupaten jembrana sebanyak 48 suku,103 genus,124 species, 428 spesimen, serta koleksi tanaman yang masih tahap pembibitan sebanyak 62 suku,174 genus,162 species,dan 1.234 spesimen.

Nantinya selain sebagai tempat konservasi tanaman, Kebun Raya Jagatnatha ini juga akan dijadikan tempat pendidikan lingkungan dan pelestarian tanaman langka sehingga akan makin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten di ujung barat pulau Bali ini.(mp/ka-ak)