Kembangkan ASN Terbaik, BKPSDM Tabanan Selenggarakan Kegiatan Diktur B Plus

58
foto - ist - Kabupaten (BKPSDM) Tabanan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Aparatur Birokrat Plus yang disingkat dengan Diktur B-Plus, di Hotel Vista Tabanan. Rabu (2/5/2018)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Untuk mengembangkan dan mempertahankan ASN terbaik yang dipersiapkan sebagai calon pejabat dalam rangka mendukung visi misi dan strategi Kabupaten Tabanan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten (BKPSDM) Tabanan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Aparatur Birokrat Plus yang disingkat dengan Diktur B-Plus, di Hotel Vista Tabanan. Rabu (2/5/2018)

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, dan Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja yang juga sebagai narasumber serta para OPD Tabanan.

Kepala BKPSDM Tabanan I Wayan Sugatra yang juga sebagai Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan kegiatan yang diikuti oleh 40 ASN ini merupakan sebuah inovasi yang diselenggarakan oleh BKPSDM Tabanan sebagai bentuk penerapan sistem manajemen kepegawaian yang tujuannya untuk menjaring calon pejabat pengawas (eselon IV) dan hasil yang diharapkan adalah tersedianya database calon-calon pejabat yang profesional.

“Eselon IV dipandang menduduki posisi yang sangat strategis untuk membangun birokrasi yang kuat ke depan. Dari eselon IV akan lahir birokrat yang lebih berkualitas untuk eselon-eselon yang lebih tinggi di kemudian hari. Dengan dilaksanakan kegiatan ini kami berharap hasilnya dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ASN di Pemkab Tabanan,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan ke-40 orang yang terpilih merupakan calon-calon potensial yang direkomendasikan oleh masing-masing Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan. ASN tersebut akan diberikan pengetahuan kepemimpinan, birokrasi, kompetensi dan pembentukan pola pikir termasuk tentang pemahaman terhadap keunggulan komparatif daerah yaitu pertanian dan pariwisata.

“Selain pengetahuan dan pembekalan yang diberikan, ujian akhir akan dilaksanakan di Kantor Regional X BKN Denpasar dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Adapun yang akan menjadi narasumber dalam kegiatan adalah insan-insan ASN yang sangat berkompeten di bidangnya, yang terdiri dari pejabat-pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan dan dari Kantor Regional X BKN.” jelasnya.

Sementara itu Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wabup Sanjaya memberikan apresiasinya atas kegiatan ini, apalagi ini merupakan pilot project pertama di Tabanan.

“Diktur B-Plus merupakan suatu sistem untuk mencari, mengelola, mengembangkan dan mempertahankan ASN terbaik yang dipersiapkan dalam mendukung visi, misi dan strategi Tabanan dalam jangka panjang sehingga visi Tabanan Serasi dapat terwujud. Saya mengapresiasi kinerja BKPSDM Tabanan atas inovasi yang dilakukan dalam rangka penjaringan calon-calon p[ejabat potensial di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ungkapnya.

Pihaknya berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Pihaknya tidak akan melakukan intervensi terhadap hasil pelaksanaan ujian, dan hanya akan melakukan monitoring dan mengevaluasi. Penilaian ini saya serahkan kepada panitia apalagi hasil penilaian menggunakan sistem CAT yang sangat akuntabel dalam pelaksanaan seleksi-seleksi kedinasan.

“Saya ingatkan kepada para peserta untuk mengikuti setiap prosesnya dengan fokus, serius, dan mengedepankan kompetensi yang fair play. Saya berharap agar kegiatan ini dapat menghadirkan para potensial yang memiliki kompetensi di bidangnya sehingga dapat menjadi aparatur yang berguna bagi Pemkab Tabanan,” imbuhnya. @HumasTabanan.