KNPI Tabanan Gelar Pelatihan Kader Bangsa

31

Tabanan (Mediapelangi.com)- Bulan Oktober dikenal dengan “Bulan Pemuda”, bulan yang erat kaitannya dengan momentum Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada momentum bulan pemuda tahun 2017 ini, sejumlah organisasi kepemudaan juga menggelar berbagai kegiatan. Seperti dilakukan oleh DPD KNPI Tabanan, menggelar Sosialisasi “Kader Bangsa” yang bertemakan “Leadership Entrepreneurship and Publik Speaking” melibatkan sejumlah sekolah.

Ketua DPD KNPI Tabanan Ni Made Dewi Trisnayanti mengatakan, ada lima sekolah yang akan disasar di lima kecamatan yaitu: SMAN Baturiti Tabanan, SMAN Marga, SMAN 2 Tabanan, SMAN 1 Selemadeg dan SMAN 1 Penebel.

Seperti hari ini Sabtu (21/10/2017) DPD KNPI Tabanan mengawali Road Show ke SMAN 1 Baturiti untuk memberikan pelatihan/sosialisasi “Kader Bangsa” kepada sekitar 70 siswa yang terdiri dari pengurus OSIS dan perwakilan masing-masing kelas.

Hadir sebagai pemateri dan motivator dari KNPI Tabanan yaitu materi Leadership dibawakan oleh Arya Wiguna, mahasiswa yang selama ini juga aktif disejumlah organisasi kepemudaan. “Anak muda harus berani tampil menjadi pemimpin”, ajak Arya.

Materi berikutnya Entrepreneurship  disampaikan oleh AA. Ngurah Raditya yang juga pengurus HIPMI Tabanan. “Jadi pengusaha itu menarik, kita harus berani memulai usaha sejak usia muda, disamping bisa meringankan beban orang tua, melalui dunia usaha kita juga bisa mengembangkan diri dan meraih pengalaman, ujarnya.

Terakhir materi Publik Speaking dibawakan oleh Panca Wardani yang memiliki pengalaman cukup lama di dunia broadcasting dan presenter. “Pengetahuan dan teknik komunikasi sangat penting dalam pergaulan, kemampuan berkomunikasi adalah bentuk pengembangan diri juga. Komunikasi yang baik adalah kunci agar bisa meraih hasil dan hal-hal positif buat diri kita, keluarga maupun lingkungan kita, pungkas Panca Wardani.

Kegiatan di SMAN 1 Baturiti Tabanan hari ini berlangung kurang lebih 2 jam yang dikemas santai dengan metode berbagi pengalaman,praktek dan tanya jawab. Turut hadir mendampingi Ketua/Pengurus HIPMI Tabanan, Pengurus DPD KNPI Tabanan, Kepala Sekolah dan para Guru kelas (*/mp).