Komit Perangi Sampah Plastik, Wabup Sanjaya Bagikan Ratusan Tas Belanja

94
Perangi Sampah Plastik : Wabup Sanjaya Bagikan Tas di Pasar Tabanan, Sabtu (2/3//2019)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com -Beragam cara unik dalam mengurangi pengunaan tas plastic bagi para pengunjung pasar. Salah satunya dengan membagikan tas belanja berbahan kain kepada ibu-ibu yang sedang belanja dan pedagang di Pasar Tabanan. Aksi membagi tas ini dilakukan oleh Wakil Bupati Tabanan Komang Gde Sanjaya kepada ratusan masyarakat di Pasar Tabanan, Sabtu (2/3/2019).

Wakil Bupati Sanjaya yang datang langsung ke pasar Tabanan. Saat tiba di pasar, Wabup langsung membagikan tas belanja bagi masyarakat yang tengah asyik berbelanja dan pedagang. Awalnya masyarakat tak menyadari akan mendapatkan tas belanja gratis dari Wabup. Namun saat Wabup membagikan, mereka langsung berebut untuk mendapatkan tas yang terbuat dari kain ini. Sedikitnya ada 500 tas belanja yang dibagikan Wabup Sanjaya.

Bagi-bagi tas belanja ini adalah bagian dari kepedulian pemerintah Tabanan terhadap Peraturan Gubernur Nomer 97 Tahun 2018 tentang pengurangan pengunaan plastic.

“Hari ini kita sengaja bagi-bagi tas gratis untuk mengedukasi masyarakat agar membawa tas belanjaan ketika akan pergi ke pasar. Dengan begitu tidak menimbulkan banyak sampah dilingkunganya,” ujarnya.

“Tas belanja ini lanjut Wabup, diharapkan akan bisa meminimalisir penggunaan kantong plastik. Biasanya kan kalau tidak membawa tas belanja, setiap belanjaannya akan dibungkus pakai plastik semua. Setidaknya dengan ini bisa mengurangi,” ungkap Ketua DPC PDI Perjungan Tabanan ini.

Harapan kedepanya Pemerintah Daerah Tabanan mengajak warga yang perduli sampah plastic untuk bersama-sama elemen masyarakat memberikan solusi program peduli sampah plastic karena sampah plastic sangat merugikan kita bersama. Disamping itu mensosialisasikan tentang dampak buruk atas limbah plastik terhadap lingkungan. “Plastik itu sulit untuk diurai secara alami. Perlu ratusan tahun untuk bisa diurai oleh tanah. Jadi, kalau dibuang sembarangan, tidak hanya membikin kotor, tapi juga merusak lingkungan,” papar  Wabup Sanjaya.

Kegiatan ini sebuah komitmen kami untuk bersama–sama dalam memerangi sampah plastic. Kedepanya kegiatan ini tidak saja menyasar pasar di perkotaan, tapi akan menyasar seluruh pasar yang tersebar diseluruh kecamatan. Jika gerakan ini secara kolosal dilakukan, Wabup Sanjaya meyakini pengurangan penggunaan kantong plastik akan sangat terasa.(ka)