Kontes Bonsai Nusantara di Gianyar Diramaikan 320 Peserta

80
foto - Kontes Bonsai Nusantara di Lapangan Astiina Gianyar

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com – Tanaman Bonsai merupakan tanaman unik yang selalu menjadi buruan para kolektor. Keindahan Bonsai ini pun memang tak lepas dari peran para Triner (orang pembentuk Bonsai) itu sendiri. Seperti halnya dalam kontes bonsai Nusantara di Gianyar, ratusan bonsai bernilai ratusan juta rupiah, kontes, dalam  lima kelas dan berbagai jenis pohon ini terawat baik selama puluhan tahun.

Tiga ratus dua puluh bonsai dari wilayah Bali, Lombok dan pulau Jawa, selama sepekan, ikut dalam kontes  bonsai yang gelar di Gianyar.

Berbagai jenis pohon ini,  Sancan, Santegi, Asem, Kimeng dan Amplas,  merupakan pohon yang dikerdilkan dan dirawat dengan baik selama puluhan tahun dan dikumpulkan dari penggemar  Bonsai Nusantara.

Kontes digelar dalam lima kelas, dari kelas prospek, madya, regional,  utama, dan kelas bintang. Oleh tim juri, penilaian  pun diberikan raport khusus, dengan lambang bintang berwarna, hijau, kuning dan merah untuk kelas bintang.

Salah satu penggemar bonsai Fendi mengungkapkan, ini dikumpulkan dari beberapa orang khusus pencari bakalan dan saya kumpulkan kemudian dirawat menjadi seperti ini,”ungkap dia.

Pelaksana Kontes Bonsai  I Gusti Bagus Adi Widya mengatakan, pesertanya hampir dari seluruh Indonesia, pulau Jawa Bali dan Lombok,  NTB ,ada juga  dari Makasar, ada lima kelas prospek, madya,  regional, utama dan bintang.

Selain kontes, secara khusus bonsai ini juga dipamerkan dan dilelang dengan harga beragam, dari puluhan hingga ratusan juta rupiah, termasuk bonsai khusus dari Malaysia dan Filifina.(ka-ad).