Koperasi Tetap Eksis, Dinas Koperindag Jembrana Gelar Pelatihan dan Pengawasan Koperasi

153
Dinas Koperindag Jembrana Gelar Pelatihan dan Pengawasan Koperasi/KUD
Dinas Koperindag Jembrana Gelar Pelatihan dan Pengawasan Koperasi/KUD

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Koperasi merupakan salah satu soko guru perekonomian indonesia. Koperasi sebagai salah satu pilar utama dalam sistem prekonomian Indonesia.
Untuk itu sistem pengawasan Koperasi sangat perlu dilakukan demi keberlangsungan dan kelancaran Koperasi ke depannya.

Guna memperkuat ketahanan koperasi ini, Dinas Koperasi,Perdagangan,UKM dan Perindustrian atau Koperindag Kabupaten Jembrana memberikan pelatihan pengawasan Koperasi/KUD.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai hari ini (25/06/2019) hingga hari Jumat (28/06/2019) diHotel Jimbarwana dan diikuti oleh 31 pengurus Koperasi se Kabupaten Jembrana.

Pembukaan pelatihan pengawasan Koperasi/KUD ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperindag Jembrana yang diwakili Kepala Bidang Koperasi dan UKM I Putu Eka Arta,st.msi.

Hadir pula dalam acara ini,Ketua Dekopinda I Gede Gunadnya. Ia mangharapkan kepada Dinas Koperindag agar memaksimalkan dana pendidikan yang dimiliki untuk melakukan pelatihan kepada anggota Koperasi sebagai regenerasi nantinya demi pengembangan dan kemajuan Koperasi.

“Terimakasih kepada Dinas Koperindag yang melaksanakan pelatihan ini. Saya berharap peserta pelatihan ini bisa menyetap ilmu semaksimal mungkin demi kemajuan Koperasi diKabupaten Jembrana”ujar ketua Dekopinda I Gede Gunadnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Jembrana I Komang Agus Adinata dihubungi via telepon mengaku pengawasan koperasi baik sistem dan tata cara pengelolaan Koperasi tidak hanya dilakukan oleh pengawas atau pengurus koperasi saja,melainkan juga bisa dilakukan oleh anggota koperasi guna mencegah terjadinya penyelengan yang berdampak pada kehancuran Koperasi itu sendiri. “Fungsi RAT perlu dimaksimalkan.

Tidak hanya sebagai pelaporan tentang kondisi Koperasi tapi juga sebagai ajang pengawasan terutama penyampaian usulan dan masukan dari anggota terkait kebijakan memajukan koperasi. Bahkan saran terkait inovasi usaha juga sangat penting di era milineal saat ini demi kemajian koperasi itu sendiri” imbuh Kadis Koperindag I Komang Agus Adinata.

Dalam pelatihan ini, Dinas Koperindag Jembrana menghadirkan pembicara dari UPTD, Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Bali,serta Dekopinda Kabupaten Jembrana.

Dalam pelatihan ini,peserta diberikan materi mengenai tugas dan fungsi pengawasan,serta pemeriksaan laporan keuangan Koperasi. Diharapkan peserta pelatihan ini mampu menyerap materi yang disampaikan oleh pemnicara dan mampu diimplementasikan pada koperasi masing-masing.

Dihari terakhir pelatihan Jumat (28/06/2019) para peserta akan diberikan materi lapangan dengan mengunjungi Koperasi serba usaha (KSU) Swadharmita diDenpasar. Koperasi ini dipilih sebagai tempat pelatihan lapangan lantaran koperasi ini adalah salah satu koperasi yang berprestasi di Kota Denpasar.(*rls)