Koperindag Jembrana, Sidak SPBU di Jalur Mudik

68
foto - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Jembrana Sidak Sejumlah SPBU di Jalur Mudik. Senin (4/6/2018)

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Jembrana Senin (4/6/2018) melakukan sidak terhadap sejumah SPBU  yang ada disepajang jalur mudik menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Sidak terhadap SPBU dijalur mudik ini dilakukan  guna memastikan stok BBM di SPBU dijalur mudik ini aman saat arus mudik nanti. Dari 13 dari 14 SPBU yang ada dikabupaten Jembrana, yang disidak petugas dari Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Jembrana.

Sidak SPBU ini dilakukan guna mengetahui apakah stokBBM baik premium, solar, pertamax, dan lainnya aman jelang arus mudik lebaran nanti.

Hal ini mengingat 13 SPBU dari 14 SPBU yang ada dikabupaten Jembrana ini berada dijalur mudik yang akan dilalui warga menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi lewat jalur darat yakni pelabuhan Gilimanuk.

Selain untuk mengetahui stok BBM jelang arus mudik lebaran nanti, Dinas Koperindag Jembrana juga menguji takaran BBM keluar dari mesin pompa SPBU dengan bejana ukur guna mengantisipasi aksi curang pengelola SPBU,”ungkap Kadis Koperindag Jembrana Made Gede Budiartha.

Menurutnya jalur ini merupakan salah satu jalur mudik nanti. Kita ingin memastikan stok BBM dari sisi kebutuhan itu bagaimana. Jadi dari hasil pemantauan kami semua SPBU sudah cukup stok BBMnya termasuk mereka mempunyai stok cadangan dimasing-masing SPBU,”jelasnya.

Sementara itu beberapa pengelola SPBU yang berada di sepanjang jalur mudik menuju pelabuhan Gilimanuk menjamin stok BBM saat arus mudik di SPBU yang mereka kelola aman.

Bahkan 13 SPBU ini telah menambah pemesanan BBM dari Depo Manggis, Karangasem dari biasanya 8 ton menjadi 16 ton guna mencegah adanya kelangkaan BBM saat arus mudik lebaran nanti,” kata I Ketut Hari Putra Susanto, Pengelola SPBU di Jalur mudik.

Selain itu penambahan stok untuk mengantisipasi serta kami tambah karyawan agar tidak terjadi penumpukan pembeli. Sedangkan untuk stok kami jamin stok BBM di SPBU kami aman,”ujarnya.

Pengelola SPBU ini mengaku hingga saat ini belum ada lonjakan warga yang akan mencari BBM di SPBU yang mereka kelola.

Diprediksi lonjakan warga yang membeli BBM di SPBU sepanjang jalur mudik ini akan terjadi pada lima hari jelang lebaran.(ka- ak).