Korban Gigitan Anjing Rabies, Gede Oka Akhirnya di VAR

152

TABANAN, MEDIAPELANGI.com- Korban gigitan anjing rabies beberapa waktu lalu  di Jalan Pahlawan sebelah utara Pura Dalem Banjar Sakenan Baleran Desa Delod Peken,I Gede Oka (30) warga Desa Dangin Carik, Tabanan.Akhirnya di vaksi VAR  di RSUD Tabanan.

Sebelum digigit anjing Gede Oka hendak mengganti ban sepeda motor disalah satu bengkel yang berada di Jalan Pahlawan, Tabanan. Namun tiba-tiba usai mengganti ban Oka didekati oleh se ekor anjing dan langsung menggigit kaki sebelah kiri.

Sedangkan korban lainnya yang juga digigit anjing  yakni Ni Ketut Puspa Wardani(29) dan I Ketut Widiana(52) asal Banjar Sakenan Baleran, Delod Peken,Tabanan yang juga terkena gigitan anjing  keduanya langsung berobat ke RSUD Tabanan untuk di vaksi VAR.

Kepala UPTD Peternakan Tabanan I Ketut Murya mengatakan satu korban gigitan anjing  Gede Oka sudah diberikan vaksi VAR oleh petugas medis RSUD Tabanan. Kemudian diberikan obat lainnya. Gede Oka melakukan vaksi VAR Selasa (20/3) lalu. Sedangkan Gede Oka mengalami gigitan anjing Minggu (19/3) dijalan Pahlawan utara Pura Dalem Banjar Sakenan Baleran Desa Delod Peken,Tabanan.

Dikatakan Murya beruntung semua korban gigitan anjing sudah diberikan  vaksin VAR. Karena ketika mengalami gigitan anjing positif rabies. Kemudian korban tidak berobat dan di vaksinasi VAR dapat berakibat fatal yang mengakibat kematian,” kata  Murya.

Untuk mengatasi dan mencegah merambahnya anjing rabies pihaknya  akan melakukan eleminasi anjing. Untuk lokasi  eleminasi akan dilakukan di wantilan Pura Dalem Banjar Sakenan Baleran, Delod Peken, Tabanan pada Sabtu (24/3) mendatang.

Eleminasi pihaknya sudah berkoordinasi dengan desa, kelian dinas setempat. Kemudian untuk warga sekitar,jika mengetahui atau melihat anjing liar segera untuk melaporkan . Sehingga dapat dilakukan eleminasi dan mencegah adanya  korban gigitan berikutnya.

Eleminasi massal tidak hanya akan dilakukan di Desa Delod Peken yang menjadi target utama.Tetapi juga akan dilakukan di dua desa lain Desa Dajan Peken dan Desa Dauh Peken,Kecamatan Tabanan,” pungkasnya.(ka)