Koster-Ace Siapkan Skema Anggaran Mendukung Ngaben Massal

44
foto - ist - Koster saat menghadiri kegiatan Ngaben Massal Pasemetonan Arya Belog, Sabtu (12/5/2018) di Banjar Babakan, Desa Gelgelan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

KARANGASEM, MEDIAPELANGI.com – Calon Gubernur Bali nomor 1, Wayan Koster menegaskan sangat mendukung kegiatan Ngaben Massal yang dilaksanakan secara gotong-royong oleh masyarakat. Untuk itu, setelah terpilih sebagai gubernur periode 2018-2023, Koster akan menjadikan Ngaben Massal sebagai program prioritas dengan penataan yang lebih baik termasuk terkait skema dukungan anggaran dari APBD Provinsi Bali.

Hal itu disampaikan Koster saat menghadiri kegiatan Ngaben Massal Pasemetonan Arya Belog, Sabtu (12/5/2018) di Banjar Babakan, Desa Gelgelan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Hadir pula mendampingi Wayan Koster, Sekretaris Pemenangan Koster-Ace IGN Kusuma Alit Kelakan, Ketua DPC PDIP Karangasem Gede Dana dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini adalah kewajiban bagi kita sebagai masyarakat Hindu di Bali, sekecil apapun itu (dilaksanakan). Namun kemampuan ekonomi tiap masyarakat berbeda-beda. Kalau dilakukan seperti ini secara bergotong-royong tentu sangat bagus. Ada kebersamaan dan sangat membantu,” jelasnya.

Ditambahkan Koster, ngaben massal yang dilakukan secara bergotong-royong dari segi biaya sangat meringankan bagi masyarakat. Selanjutnya dari segi waktu juga akan lebih efektif. “Meski dilakukan secara bersama-sama tetapi tidak mengurangi kesakralan dan nilai yadnya. Malahan selama ini, upakara ngaben bagi mereka yang mampu tidak jarang dipakai sebagai ajang pamer prestise,” sebutnya.

Diharapkan pihaknya dengan diprogramkan dari pemerintah dan dibantu dalam skema anggaran dalam APBD Provinsi akan mampu membantu meringankan beban ekonomi masyarakat secara luas selain tetap melestarikan semangat gotong-royong dan kebersamaan yang menjadi salah satu tradisi kearifan lokal. “Program ini, untuk tujuan menjaga semangat kebersamaan masyarakatnya dapat, dan membantu kesejahteraan masyarakat juga dapat,” terangnya.

Ketua Panitia Made Kari menyebutkan kegiatan ngaben massal ini diikuti 131 sawa yang berasal dari 400 kepala keluarga Pesemeton Arya Belog dari 6 dadia di Karangasem. “Masyarakat kami sudah sangat kenal siapa Pak Koster. Sosok yang sudah terbukti sangat perhatian terhadap adat, tradisi dan budaya Bali. Selama menjadi anggota DPR, Pak Koster telah banyak memperjuangkan kepentingan masyarakat kami seperti pemugaran pura dan lainnya,” ungkapnya. (mp)