Kurang Jaga Jarak, Bus Pariwisata Seruduk Truk di Jalur Tengkorak

314
Kondisi Bus Pariwisata Sebelum di Evakuasi
Kondisi Bus Pariwisata Sebelum di Evakuasi (foto-ist)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Sebuah bus pariwisata yang ditumpangi siswa SMA dari Nusa Tenggara Barat menghatam truk di jalur Denpasar – Gilimanuk termasuk Banjar Dinas Delod Rurung,Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan KM 40.300, Sabtu (27/4/2019).

Saat itu bus pariwisata Mercedes Benz bernopol K 1463 AC yang dikemudikan Abdul Wafi (36) warga Jember, Jawa Timur, yang tinggal di Banjar Dajan Peken, Mengwitani, Mengwi, Badung, berada di belakang  sebuah truk tronton yang tidak diketahui identitasnya.

Kecelakaan bermula saat kedua kendaraan melaju dari arah Gilimanuk menuju Denpasar. Saat melintasi  jalan tanjakan dan tikungan landai kekanan bus Mercedes Benz menabrak kendaraan sejenis truck tronton didepanya yang tidak diketahui.

Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sopir bus dan penumpang bus dalam kondisi selamat. Hanya saja bus mengalami kerusakan bagian depan dengan kaca pecah dan penyok body bagian depan.

Kasatlantas Polres Tabanan AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari saat dikonfirmasi  membenarkan kejadian tersebut. “Kecelakaan diduga akibat dari pengemudi kendaraan bus pariwisata Mercedes Benz tidak menjaga jarak aman dengan kendaraan lain didepannya. Tabrakan itu disebabkan ketidakwaspadaan sopir bus dalam menjaga jarak aman antar kendaraan.

“Dugaanya kecelakaan terjadi karena pengemudi truk kurang jaga jarak dan konsentrasi saat nyetir, sehingga menabrak truk yang tidak diketahui identitasnya,” jelasnya.

Untuk menghindari terjadinya kemacetan  arus lalu lintas harus dilakukan buka tutup untuk kendaraan besar yang melintas di jalur tengkorak. (ka)