Makin Parah , Setra Kelating Tergerus Abrasi

1782
Mangku Dalem Praja Pati, Jro Mangku Wayan Subadi

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Abrasi semakin parah melanda sepanjang pantai Kelating, Kerambitan. Selain mengerus beberapa senderan sekitar, abrasi kini mengerogoti tanah Setra  Banjar Dukuh Dauh Pangkung dan Dukuh Dangin Pangkung, Desa Kelating, Kerambitan, Tabanan. Terjangan ombak menjebol senderan kuburan yang berbatasan langsung dengan laut.

Sekdes Kelating, I Made Sumandi mengatakan, kejadian abrasi yang  terjadi saat gelombang tinggi pada (25/7) lalu,  yang menerjang  sepuluh kios di Pantai Kelating, saat di temui di lokasi kuburan desa setempat, Senin (3/9/2018).

Menurut dia, sebelumnya memang pernah terjadi ombak besar. Namun tidak  separah yang terjadi saat ini, sampai mengerus tanah kuburan,”jelasnya.

Sementara itu menurut Mangku  Dalem Praja Pati, Jro Mangku  Wayan Subadi mengungkapkan, dengan  luas areal setra seluas 40 are kini terkena abrasi hingga kurang lebih 15 are. Dengan panjangnya  mencapai 20 meter dengan lebar kurang lebih 60 meter.

“Saat ada upacara pengabenan masyarakat sangat terganggu saat membawa wadah menuju jalan  ke setra. Dulunya jalanya datar tidak ada jalan menanjak seperti sekarang ini,”ungkapnya.

Kini pihaknya berharap kepada instansi terkait untuk segera mendapatkan penanganan, untuk meminimalisir meluasnya abrasi, karena cuaca saat ini yang tidak menentu jika datang ombak besar lagi di kuatirkan tanah setra tergerus lebih meluas lagi,”pungkasnya. (ka )