Meriahkan HUT Kota Bangli, Ratusan Pelajar SD Ikuti Pawai Sepeda Hias

35
foto - Peserta Karnaval Sepeda Hias HUT Kota Bangli

BANGLI, MEDIAPELANGI.com – Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kota Bangli menggelar pawai sepeda hias, Selasa (01/05/2018). Karnaval sepeda hias ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-814. Kota Bangli.

Berdasarkan pantauan, ratusan pelajar SD di kota setempat ini tampak begitu ceria mengayuh sepeda hias yang mereka tumpangi. Bahkan, ada diantara mereka terlihat melambaikan tangan kepada sejumlah warga yang saat itu sedang menyaksikan pawai sepeda hias ini.

Dalam pawai sepeda hias ini yang dilepas oleh Sekda Bangli I.B. Giri Putra, di depan Kantor Bupati Bangli, Selasa (01/05/2018).

Menurut Wakil Ketua  Panitia  HUT Bangli   Dewa Astawa menyebutkan  peserta karnaval sepeda hias mencapai 350 orang yang merupakan perwakilan dari sekolah dasar di empat kecamatan yakni Kecamatan Kintamani, Susut, Tembuku dan Bangli.

“Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta anak-anak, terbukti mereka begitu semangat untuk menampilkan berbagai kreasi seni pada sepeda mereka masing-masing,”terangnya.

Dikatakan, untuk start dilakukan di depan kantor  Bupati Bangli menuju utara, kemudian didepan bekas RSUD Bangli menuju  Jalan Kesuma Yudha, lanjut peserta menuju  Jalan Cendrawasih tembus di Jalan Nusantara depan Balai Banjar Pande belok kanan menuju jalan Merdeka dan di depan  Polres Bangli ke barat hingga kembali finis di depan Kantor Bupati Bangli.

Sementara itu menurut Sekda Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra mewakili Bupati menyampaikan,  apresiasi yang setinggi-tingginya atas semangat  para peserta karnaval sepeda hias.

Pihaknya, menilai peserta karnaval sepeda hias dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Melihat antusias peserta, ke depan pihaknya akan memberikan reward, kepada para peserta karnaval sepeda hias. “Tahun depan kita akan  memberikan hadiah  kepada  peserta  hingga 10 besar  hiasan yang  menarik,”jelasnya.

Meskipun dibawah terik matahari mereka tampak bersabar menunggu kegiatan dimulai. Peserta tampak berlomba-lomba menampil berbagai kreasi seni, seperti merakit sepeda mereka bak  kereta kuda, berbagai jenis ikan, malahan ada yang merias sepeda mereka dalam bentuk barong.

Yang terunik adalah penampilan siswa SD Bunutin, yang membuat kereasi barong dengan menggunakan bahan baku dari daun pisang kering.

Menurut  salah seorang peserta  siswa SD Bunutin Bangli,  Gede Agus Tonika Putra menuturkan dirinya lebih memilih bahan alami untuk menghias sepeda. Selain mudah didapat, dengan menggunakan bahan alami lebih klasik dan ramah lingkungan.

Kemudian bahan-bahan seperti ijuk, daun pisang kering dan kelengkapan lainnya dirangkai hingga menyerupai barong. “Untuk meriasnya, kita membutuhkan waktu sehari. Dalam pembuatan kita dibantu guru dan teman-teman,”tuturnya. (ka-nt)