Ngaben Massal Gratis di Tegal Mengkeb, Bupati Eka Ajak Masyarakat Investasi Hati

77
foto - ist - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menghadiri acara Ngaben Massal Gratis di Balai Banjar Bongan, Desa Tegal Mengkeb Kaja, Selemadeg Timur, Rabu (18/4)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menghadiri acara Ngaben Massal Gratis di Balai Banjar Bongan, Desa Tegal Mengkeb Kaja, Selemadeg Timur, Rabu (18/4).

Ngaben Massal ini diselenggarakan Desa Tegal Mengkeb atas bantuan dari Pemkab Tabanan, dimana Pemkab Tabanan memberikan dana sebesar 100 juta rupiah. Dalam sambutannya Bupati Eka memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut dan tak lupa mengajak dan mengingatkan tokoh-tokoh masyarakat untuk selalu melakukan investasi hati. Hadir dalam acara tersebut Unsur Muspika se Kecamatan Seltim, Bendesa Pakraman Seltim dan tokoh masyarakat setempat.

“Sebesar apapun dana atau sumbangan yang diberikan jika tidak bisa dikelola dengan baik makan akan mubazir. Bantuan ini sudah dimanfaatkan dengan tepat oleh Desa dan saya sangat bangga akan semangat gotong royong warga. Tokoh-Tokoh masyarakat yang hadir disini yang sudah mampu, perbanyaklah investasi hati. Investasi hati tidak mesti berupa uang namun juga niat baik dan ketulusan dalam berbagi, karena itu sangat berarti,” ungkap Bupati Eka.

Bupati juga menambahkan agar masyarakat selalu membantu sesama dan menabung kebaikan. Dirinya juga menyambut baik kegiatan ngaben massal ini, dan kegiatan ini harus dilandaskan dengan niat dan pemikiran yang sungguh-sungguh suci.

“Perbanyaklah investasi hati, dengan begitu kita akan menabung karma kebaikan. Bantu sesama, karena bagaimana mungkin kita menabung karma baik kalau kita tidak peduli kepada sesama saudara,”imbuhnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Tegal Menkeb I Dewa Made Widarma menjelaskan upacara ngaben massal ini diselenggarakan untuk meringankan beban warga, mengingat warga yang sampai 5-10 tahun belum bisa mengabenkan leluhurnya. Upacara ini merupakan inisiatif pemerintah desa yang didanai oleh Pemkab Tabanan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Tabanan atas sumbangan dana yang diberikan dan juga terima kasih juga  kepada seluruh komponen masyarakat desa atas dukungannya sehingga upacara ini bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Dikatakannya ngaben massal ini benar-benar gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Upacara ini diikuti oleh 32 sawo, 23 ngelangkir dan dipuput oleh Ida Pandita Agni Rsi Witha Dharma dari Griya Tegal Mengkeb Kaja. Ke depan pihaknya memiliki rencana untuk menyelenggarakan ngaben massal se-kecamatan Seltim.

“Para peserta tidak dipungut biaya sama sekali kecuali ada hal hal lain di keluarganya masing-masing itu menjadi urusan yang punya sawo. Ke depan kami memiliki rencana untuk mengadakan ngaben massal se-kecamatan SelemadegTimur yang dipusatkan di satu tempat,” imbuhnya. @HumasTabanan