Ny. Putri Suastini Koster Harap Generasi Muda Teladani Semangat Para Pahlawan Bangsa

475
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster Muswil IV ICMI Orwil Bali di Aula Kampus STIKOM, Denpasar, Minggu (11/11/2018).

DENPASAR,MEDIAPELANGI.com – Masih dalam suasana peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember kemarin, peran generasi muda sekarang ini  yakni mempertahankan keindahan dan kekuatan bangsa Indonesia, dengan cara mengingat dan meneladani perjuangan para pejuang pendiri bangsa.

Demikian penegasan yang disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dihadapan para mahasiswa STIKOM saat didaulat menjadi narasumber  Muswil IV ICMI Orwil Bali di Aula Kampus STIKOM, Denpasar, Minggu (11/11/2018).

“Sebagai generasi muda kita harus mengingat sejarah para pendiri bangsa, dengan mengingat sejarah maka akan terus mengalirkan semangat mereka. Jangan pernah melupakan sejarah, karena peran para pendahululah saat ini kita ada. Kita harus meneladani apa yang sudah diwariskan, demi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Tapi jangan diingat saja, harus dilaksanakan dan diamalkan,” ujar Suastini Koster.

Dengan mengingat sejarah dan menyadari kemajemukan bangsa lewat seni, budaya, adat, dan agama menurut Suastini Koster maka generasi muda bisa meningkatkan jati diri dan karakternya yang selanjutnya akan memperkuat jati diri bangsa. “Generasi muda yang jati diri dan karakternya kuat akan terlihat dalam penampilannya, mereka adalah kaum intelektual yang sudah barang tentu dalam berbuat selalu dengan cara yang intelek pula,” jelasnya seraya mengharapkan para generasi  muda yang mempelajari teknologi informasi seperti mahasiswa STIKOM semakin giat mengasah kemampuannya seiring kemajuan jaman yang mengedepankan teknologi. “Anak-anak yang sudah belajar teknologi merupakan generasi Z sebagai penguasa teknologi yang merupakan tuntutan era kedepan, jadi manfaatkan sebaik-baiknya, terus tingkatkan kemampuan demi kemajuan diri sendiri dan kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Ny. Putri Suastini Koster

Tak hanya itu, Putri Suastini Koster juga menyampaikan pentingnya peran orang tua khususnya Ibu dalam pola asuh dan tumbuh kembang anak yang akan mempengaruhi karakternya saat usia remaja. “Peran para orang tua, lembaga pendidikan dan pemerintah dalam hal ini juga sangat penting, guna menjaga dan mengarahkan mereka agar tetap dalam koridornya. Terutama para Ibu yang mengasuh dari usia dini, memang saat ini sudah emansipasi wanita, perlu berkarir, tapi tetap harus ingat tugas dan kewajiban menjaga keluarga khususnya anak-anak.

Dari asuhan para ibu yang bijaksana, tegas, berbudi mulialah tumbuh anak yang berkarakter dan jati dirinya kuat, maka jangan gantikan peran seorang Ibu dengan pengasuh.

Inilah hal mendasar yang harus disadari, seorang ibu adalah penjaga, ketika seorang ibu kehilangan perannya dalam menjaga anak-anaknya maka hal-hal negatif seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan sebagainya akan cepat mempengaruhi anak-anak,” pungkasnya.

Ny. Putri Suastini Koster yang juga seorang seniman pada kesempatan itu juga menampilkan kepiawaiannya dalam membacakan puisi yang berjudul Sumpah Kumbakarna.(amb)