Operasi Rutin, Satlantas Polres Tabanan Jaring Puluhan Pelanggar

392
Kasat Lantas Polres Tabanan, AKP Ida Ayu Kalpika Sari Memeriksa Kelengkapan Surat Kendaraan Bermotor. Rabu (18/7/2018)

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Jajaran Sat Lantas Polres Tabanan tak henti-hentinya  meningkatkan kesadaran berlalu lintas masyarakat di wilayah hukum Polres Tabanan.

Untuk itu, selain untuk mengurangi angka Kecelakaan (Laka) di daerah ini jajaran Polres Tabanan melalui Satlantas menggelar operasi rutin dengan memeriksa kelengkapan kendaraan.Seperti halnya operasi rutin yang di gelar  Rabu pagi (18/07/2018) di jalan Wagimin, Kediri, Tabanan.

Kasat Lantas Polres Tabanan, AKP Ida Ayu Kalpika Sari mengatakan razia rutin ini dilakukan untuk lebih menertibkan para pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat dalam mengendarai kendaraan bermotor.“Giat ini untuk menyadarkan masyarakat agar selalu disiplin dan mematuhi tata tertib dalam berlalu lintas,” kata Kasat Lantas.

Ia menjelaskan, terjadinya kecelakaan lalu lintas, disebabkan karena adanya pelanggaran. Bukan hanya kelalaian manusia, tetapi juga karena faktor kendaraan yang kurang prima. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Kami lihat kesalahannya, kalau pakai lengkap kita tegur, kalau tidak lengkap dan tidak bawa surat-surat kita tilang. Ini progran rutin untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas, terciptanya situasi keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) Lantas secara optimal serta menurunnya angka kecelakaan,” jelas Kalpika.

Adapun pelanggaran yang berhasil dijaring dalam kegiatan tersebut, yakni sebanyak 46 pelanggar yang langsung ditindak dengan tilang.“Kita sita sebagai barang bukti terdiri dari 29 STNK, 12 SIM, dan lima unit sepeda motor,” tegasnya.

Sedangkan untuk pelanggar tanpa sim sebanyak 17 pengendara, tidak menggunakan sabuk pengaman 9 orang, tanpa STNK 12 orang,serta  tidak menggunkan helm SNI 3 orang,”jelas AKP Dayu Kalpika Sari.(ka)