Pameran Keris Bertajuk “Cinta Budaya Indonesia” Diselenggarakan di Ubud

225

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com-Ribuan koleksi keris sepuh nusantara,selama tiga hari,dipamerkan di Ubud,Gianyar.

Selain sebagai ajang silaturahmi pecinta keris nusantara,juga untuk menunjukkan cinta budaya nusantara,menyambut perayaan Tumpek Landep.

Pemeran dengan tajuk Cinta Budaya Indonesia,selain sebagai ajang menyatukan ikatan persaudaraan juga memberikan kesempatan pada kolektor keris untuk menampilkan koleksinya dari masa ke masa.

Sekaligus menjadi ajang silaturahmi,keris sepuh dengan berbagai jenis hiasan emas dan perak  dengan pembuatan sejak ratusan tahun,juga ikut di pajang di ancak saji Puri Agung Peliatan.

Menurut kolektor keris Ida Nyoman Dana mengungkapkan,secara umum keris di Indonesia memiliki kemiripan,dan dibedakan pada bagian hiasan dan warangkanya,”ungkapnya.Minggu(30/3/2018).

Diungkapkan Dana karena cinta budaya salah satunya keris dan ada pasemetonan dengan pecinta keris di Bali, dan pada intinya keris nusantara sama,hanya saja dibagian warangka bisa sedikit berbeda, ini koleksi keris sepuh yang dikumpulkan dari Bali, Lombok serta Sumbawa sudah puluhan tahun.

Pameran selama tiga hari ini,juga untuk menyambut serangkaian  Tumpek Landep,upacara khusus benda berbahan besi,yang akan berlangsung pada Sabtu (31/3/2018).(ka-ad)