Parade Baleganjur Kecamatan Tegallalang, Meriahkan HUT Ke -74 RI

276
Parade Baleganjur di Tegallalang, Meriahkan HUT RI Ke -74

GIANYAR, MEDIAPELANGI.com – Tujuh Seka gong di Kecamatan Tegallalang, Gianyar, ikut ambil bagian parade Baleganjur dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI.

Parade Beleganjur melibatkan sekehe di masing-masing desa agenda rutin setiap tahunan, di gelar di Lapangan Umum Tegallalang, Rabu (14/8/2019) yang di ikuti 7 kelompok seni Baleganjur dari tujuh desa di kecamatan Tegallalang

Camat Tegallalang I Nyoman Darmawan mengatakan, dalam mengisi kemerdekaan kekinian tidak harus angkat senjata, namun bisa dimeriahkan dengan parade budaya.

Baca Juga:  Gubernur Koster, Perangkat Deteksi Gempa dan Tsunami di Bali akan Setara Milik Ibu Kota

Disamping menghibur , ini juga menjadi meriah ketika masing-masing kelompok bisa pentas bersama-sama.

Tidak hanya itu, ini juga menjadi bagian untuk membangkit seni di Kecamatan Tegallalang agar lebih merata.

Jika sebelumnya didominasi oleh banjar tertentu, dengan cara ini, semua banjar dimasing-masing desa akan berupaya bangkit dan melestarikan seni yang tersembunyi.

“Dulunya kan hanya didominasi banjar dan desa tertentu, sekarang mereka bisa berkreatifitas dan pentas bersama”, ungkapnya.

Baca Juga:  Dua Truk Mogok Lagi Ditanjakan Samsam

Selain itu, dengan menggelar secara rutin kegiatan seperti ini, juga memberikan kesempatan generasi muda untuk berkreasi.

Setidaknya seni tersembunyi” nyebun” masih kita digali untuk diketahui oleh masyarakat luas.

Disisi lain Camat Tegallalang yang akan segera purna tugas  Desember tahun ini, juga mengajak semua pihak dibidangnya masing-masing untuk bersama membangun wilayah.(Cintya-ka).