Pasca Banjir Bandang, Jalur Denpasar-Gilimanuk Lumpuh Total

917
Pasca Banjir Bandang Petugas Gabungan Melakukan Pembersihan

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Pasca banjir bandang yang terjadi di lingkungan Biluk Poh, Kelurahan Tegalcangkring, Jembrana, Sabtu malam mengakibatkan arus lalu lintas jalur Denpasar – Gilimanuk lumpuh total.

Lumpuhnya arus lalulintas Denpasar – Gilimanuk ini diakibatkan oleh tumpukan material banjir bandang berupa lupur dan pasir serta pohon berukuran besar di jalan.

Hingga Minggu Siang (23/12/2018) petugas gabungan dari BPBD Jembrana, Basarnas, Pemadan Kebakaran, Sat Pol PP serta Kepolisian terus berupaya membuka akses jalan jalur Denpasar -Gilimanuk yang tertutup material banjir bandang berupa lumpur, pasir dan batang pohon yang ukurannya cukup besar.

Pembersihkan material banjir bandang ini mengunakan alat berat, serta kendaraan pemadan kebaran untuk membersihkan lumpur dan pasir yang menutup akses jalan.

Akibat adanya pembersihan material banjir bandang ini, sejak Sabtu malam arus lalu lintas jalur Denpasar –  Gilimanuk lumpuh total.

Antrean kendaraan yang hendak menuju Denpasar dan dari arah sebaliknya menuju pelabuhan Gilimanuk mengular sejauh lebih dari 5 kilometer. Beberapa warga yang hendak menuju Denpasar terpaksa putar balik dan memilih menunda pemberangkatannya.

Kapolres Jembrana AKBP Budi P saragih mengaku telah meminta kepada para sopir yang terjebak kemacetan agar mempergunakan jalur Singaraja menuju Denpasar dan pelabuhan Gilimanuk, sampai jalur ini dipastikan bisa dilalui kendaraan.

Sementara itu, beberapa sopir yang terjebak kemacetan mengaku jika kembali ke Gilimanuk dan mempergunakan jalur Singaraja untuk sampai di Denpasar akan memakan waktu lama dan jalur Singaraja sangat rawan terjadi kecelakaan. Selain itu juga beberapa sopir ini mengaku akan menunggu akses Denpasar Gilimanuk ini dibuka kembali.

Banyaknya material banjir bandang berupa lumpur dan pasir serta batang pohon yang cukup besar yang menutup jembatan dan jalan jurusan Denpasar – Gilimanuk ini menjadi kendala BPBD Jembrana dan instansi terkait lainnya dalam melakukan pembersihan jalur.

Diperkirakan pembersihan materail banjir bandang dijalur Denpasar – Gilimanuk ini akan memerlukan waktu satu hari penuh pada Minggu (23/12). (ka –ak)