Pasokan Berkurang, Harga Berbagai Jenis Cabai di Pasar Tradisional Jembrana Melonjak

274
Pedagang Bumbu Dapur di Pasar Tradisional Negera

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Harga berbagai jenis cabai di sejumlah Pasar Tradisional di Kabupaten Jembrana Bali. Di mana kenaikan harga ini seiring dengan menurunnya jumlah pasokan dari petani.

Muliada, salah seorang pedagang bumbu dapur kenaikan harga berbagai jenis cabai tidak sama.

Harga cabai kecil saat ini harganya Rp 65 ribu per kg. Sedangkan harga cabai merah besar sebelumnya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 65 ribu per kg.

Sementara itu harga bawang merah masih dijual Rp 30 ribu per kg. Harga bawang putih melonjak Rp 2 ribu per kg dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu per kg,”kata Muliada saat ditemui dipasar, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga:  Kasus Positif Covid-19 di Bali Masih Didominasi Transmisi Lokal

Untuk harga tomat juga mulai menurun. Dari awalnyaRp 12 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg.

Pedagang bumbu dapur lainya mengaku kenaikan harga bumbu dapur terutama cabai ini diakibatkan oleh pasokan dari petani atau pengepul yang seret ke pasar dikabupaten Jembrana.

Terkait kenaikan harga bumbu dapur ini, Siti Maesharoh salah seorang pembeli yang juga pengusaha makanan dikabupaten Jembrana mengaku mengeluh dengan kenaikan harga bumbu dapur ini.

Ditengah melonjaknya harga bumbu dapur, ia mengaku dilema menaikkan harga seporsi makanan yang dijualnya. Apalagi mengurangi bumbu, ia mengaku takut mempengaruhi cita rasa makanan yang dijualnya.

Baca Juga:  Dua Pemotor Tewas Usai Adu Jangkrik di Jalan Desa Warnasari Jembrana

Ia mengaku hanya bisa mengurangi porsi makanan yang dijualnya guna mensiasati agar tidak merugi ditengah harga bumbu terutama cabai yang terus melonjak.

Pedagang bumbu dapur disejumlah pasar dikabupaten Jembrana mengaku kenaikan harga bumbu dapur terutama cabai ini diakibatkan oleh pasokan dari petani ke pasar yang berkurang sejak awal tahun ini.

Pedagang berharap pemerintah bisa turun tangan melakukan langklah antisipasi agar harga dan stok bumbu dapur terutama cabai bisa kembali normal.(mp/ka-ak)

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here