Peduli Kelestarian Hutan, Polres Jembrana Tanam Pohon di Hutan Lindung Pulukan

131
Tanam Pohon : Polres Jembrana melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam jenis pohon yang ditanam adalah jenis kayu gamelina (jati Belanda) dan pohon mahoni, di hutan lindung Desa Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Jumat (25/1/2019) (foto- Ist)

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Sumber daya alam punya peranan penting bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Untuk melestarikan lingkungan, keberadaan hutan lindung perlu mendapat perhatian lebih.

Salah satunya bentuk kepedulian Polres Jembrana mengandeng pemerintah terkait dan masyarakat melakukan penanaman seribu pohon di hutan lindung Desa Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Jumat (25/1/2019).

Kapolres Jembrana AKBP Budi P. Saragih Sik mengungkapkan penanaman seribu pohon bertujuan untuk mengurangi dampak panasan global, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor, meningkatkan upaya kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman sebagai dari sikap atau budaya bangsa (mindset) yang melekat pada kehidupan sehari-hari. “Kami sangat peduli dengan masalah penyelamatan alam dan kelestarian lingkungan,” kata Kopolres.

Dikatakan Sasaran kegiatan ini adalah kawasan hutan lindung di Desa Pulukan,Pekutatan, untuk menjadikan kawasan menjadi hijau, baik dalam maupun diluar kawasan hutan, sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika, bernilai hasil ekonomi,

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah jenis kayu gamelina (jati Belanda) dan pohon mahoni, yang berfungsi untuk perlindungan, penghijauan dan lainnya.

Disamping bertujuan untuk mengurangi dampak banjir bandang juga untuk melestarikan hutan lindung yang ada demi terjaganya keseimbangan ekosistem serta mengurangi pemanasan global. (ka)