Peduli Lansia, John Fawcett Foundation Gelar Operasi Katarak dan Pemeriksaan Mata Gratis di Desa Selemadeg

106
John Fawcett Foundation Gelar Operasi Katarak dan Pemeriksaan Mata Gratis di Desa Selemadeg

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – John Fawcett Foundation (Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) menggelar pemeriksaan mata gratis di Bale Banjar Selemadeg Kelod, Desa Selemadeg, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Kamis (31/10/2019).

YKI juga langsung melaksanakan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis kepada warga di Desa Selemadeg. Kegiatan ini di hadiri Camat Selemadeg, anggota DPRD Tabanan Ni Made Suryani, Perbekel Desa Selemadeg serta warga setempat.

Acara bakti sosial yang dilaksanakan John Fawccet Foundation bekerjasama dengan Pemkab Tabanan, Pemerintah Desa Selemadeg, dan anggota DPRD Tabanan.

Setelah selesai pemeriksaan mata, petugas kemudian menentukan langkah lanjutan berupa pemberian kacamata gratis, pemeriksaan pra operasi, dan yang sudah siap sesuai kondisi pasien langsung mendapat tindakan operasi katarak dari petugas. Nampak di lapangan tim medis dari John Fawcett Foundation dengan sigap memberikan pelayanan pemeriksaan mata dan tindakan operasi katarak yang didukung fasilitas lengkap.

Baca Juga:  Ribuan Warga Ikuti Ritual Mebayuh Oton dan Sapuh Leger

Perbekel Desa Selemadeg, I Wayan Arsa Wikanta mengatakan, pemeriksaan mata diikuti 300 pasien yang berasal dari Desa Selemadeg dan sekitarnya. Sebanyak 5 orang di antaranya langsung mendapat tindakan operasi katarak, pembagian 300 kaca mata gratis, serta 10 orang pemeriksaan Insepeksi Visual Asam Asetat) IVA

Sementara anggota DPRD Tabanan Fraksi PDI P Ni Made Suryani mengungkapkan, salah satu wujud kepedulian terhadap warga masyarakat yang ada di wilayah Selemadeg dan sekitarnya.

Disampaikannya bahwa aspek kesehatan adalah salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus mendapatkan pemenuhannya. Dan karenanya kami peduli memulainya dengan melakukan sejumlah aksi sosial ini yang diharapkan akan memberikan dampak bagi pemenuhan kebutuhan kesehatan maayarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung dari aspek ekonomi.

Baca Juga:  Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Tabanan Tingkatkan Penjagaan

“Kami akan terus dan tetap fokus tentang kepedulian pada program kesehatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Dalam aksi sosial ini sebagai upaya menyukseskan program pemerintah pelayanan kesehatan mata khususnya dalam penangulangan gangguan penglihatan dan kebutaan.

Diharapkan aksi social ini mampu memberi manfaat positif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya dalam penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan yang cenderung dialami oleh masyarakat usia lanjut yang miskin/kurang/tidak mampu. “Mudah-mudahan aksi sosial ini bisa kami laksanakan rutin setiap tahunnya,” harapnya.

Lebih lanjut, Suryani yang juga anggota Komisi III DPRD Tabanan ini mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak terkait yang telah turut serta dalam menyukseskan kegiatan aksi sosial ini, khususnya aparat Desa, Perbekel, Kelian Dinas serta Prajuru Adat Selemadeg. (mp/ka)