Peduli Lingkungan,Paguyuban Rapi Sarwa Ada Taro Tanam Pohon Penghijauan

34

Gianyar (mediapelangi) – Peguyuban Organisasi sosial Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI)  Sarwa Ada,Taro  142,10 mhz , melakukan penghijauan dengan menanam sebanyak lima ribu pohon sebagai langkah untuk menjaga pelestarian lingkungan.

Lokasi penanaman lima ribu pohon yang terletak di wilayah  konservasi satwa monyet di Desa Pakraman Pakuseba,Desa Taro,Tegallalng,Gianyar,”kata Ketua Peguyuban Sarwa Ada Desa Taro,I Wayan Kertayasa,Minggu(25/06/2017).

Kegiatan penanaman pohon, dilaksanakan dengan melibatkan seluruh anggota RAPI Peguyuban Sarwa Ada,Taro  dan warga masyarakat Desa Pakraman  Pakuseba beserta relawan Konservasi Satwa Monyet dalam penanaman pohon tersebut,”ujar Kertayasa yang akrab dipanggil Putu Tirta.

Program dari Peguyuban Sarwada yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali  dengan adanya rasa kepedulian dengan lingkungan juga untuk membantu program pemerintah dengan pencananganya yang kita kenal `Go Green` atau penanaman semilyar pohon yang dilaksanakan di seluruh tanah air.

Adapun jenis pohon yang ditanam yakni Kayu putih, Mahoni,Cempaka,Kayu Suar Nangka,Apokat dan Albesia.Selain itu pohon penghijauan yang sudah ditanam sebelumnya di Desa Pakraman Taro,Tumbakasa, Mawang,Puhu,Puakan,Belong Puakan,dan Pakuseba, selain tanam pohon penghijauan program dari peguyuban juga penanaman pohon yang digunakan untuk keperluan upakara,”jelas Kertayasa.

Disamping itu pula pihaknya  bersama Peguyuban Sarwa Ada juga terus melakukan kegiatan di masing-masing Desa Pakraman lainya itupun tergantung dari permintaan dari Desa Pakraman bersangkutan.

Diharapkan kegitan seperti itu bisa diikuti oleh seluruh masyarakat sehingga kepedulian terhadap lingkungan akan timbul dan menjadi tanggung jawab bersama, kita harus ikut menjaga keseimbangan alam dengan cara peduli lingkungan,” katanya.

Menurut dia, alam jangan hanya dijadikan obyek semata tapi kita harus menjadikan sebagai subyek, sehingga keseimbangan alam dapat terjaga dengan baik apalagi dengan Konservasi Satwa Monyet yang dilakukan oleh Desa Pakraman Pakuseba ini, juga sebagai wujud kepedulian dengan satwa monyet.

Sementara itu Kelihan Dinas Desa pakraman Pakuseba I Wayan Sarjana,mengatakan mengucapakan banyak terima kasih dengan kepedulian dari Peguyuban Sarwa Ada yang ikut membantu penghijaun dengan penanam pohon,di areal konservasi monyet.

Diharapkan seluruh elemen masyarakat berkewajiban merehabilitasi dan mendukung program yang di rencanakan pemerintah untuk mencegah terjadinya peningkatan pemanasan global atau Global Warming dengan cara penanaman pohon di  lahan yang dijadikan untuk konservasi monyet secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” harapnya.

Sehingga kata dia, dalam beberapa tahun kedepan akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi seluruh lingkungan hidup warga masyarakat Desa Pakraman Pakuseba,”kata Sarjana.(*).