Pelaut Juga Pejuang Devisa

115

DENPASAR, MEDIAPELANGI.com – Hari Pelaut yang jatuh setiap tanggal 25 Juni dirayakan dengan meriah di Istana Taman Jepun, Denpasar, Minggu (24/06/2018). Dimana perayaan Hari Pelaut dihadiri lebih dari 300 orang dari kalangan pelaut dan undangan.

Dalam kata sambutannya, Sekjen Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI), I Dewa Nyoman Budiasa menyampaikan, Pelaut termasuk sebagai Pejuang Devisa. Sehingga sudah seharusnya pemerintah pusat dan daerah memberikan kemudahan dan perlindungan hukum yang jelas bagi para Pelaut Indonesia.

Namun selama ini, para calon pelaut belum mendapatkan kemudahan dalam proses keberangkatan mereka, terutama proses mendapatkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh para pelaut tersebut.

Kedepannya KPI akan lebih condong mengambil peran dalam memperjuangkan perlindungan hukum yang mendukung dan melindungi Tenaga Kerja Pelaut serta bagaimana pemerintah memberikan kemudahan bagi para calon pelaut, ujar Dewa Nyoman Budiasa.

Salah satu hal lain yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan kemudahan bagi dalam mendapatkan dokumen yang dibutuhkan oleh calon pelaut. Pemerintah dapat memberikan subsidi khusus pembuatan Dokumen Passport dan Buku Pelaut bagi para calon pelaut.

Pemerintah dapat memberikan kemudahan bagi calon pelaut dengan memberikan Subsidi khusus atas pembuatan Passport dan Buku Pelaut. Program subsidi tersebut lebih mudah dan cepat untuk direalisasikan dan memiliki tingkat persentase keberhasilan program yang lebih besar, tegas Dewa Nyoman Budiasa. (mp)