Pemilos SMP N 1 Kediri, Ajang Pembelajaran Demokrasi di Sekolah

75
Pemilos di SMP N 1 Kediri

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Sebagai negara demokrasi  proses pendewasaan berpolitik mesti terus digencarkan. Sehingga mindset politik sekadar alat meraih kekuasaan berlahan bisa dikikis. Berbagai langkah harus diambil agar target itu tercapai.Salah satunya siswa melakukan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara langsung (Pemilos) di SMP N 1 Kediri periode 2018/2019, Sabtu (27/10/2018).

Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan sistem pemilihan ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa.Sehingga kedepannya saat menghadapi pemilihan umum yang sesungguhnya para siswa tidak canggung lagi ,karena telah memiliki pengalaman pada saat di sekolah.Selain itu kegiatan ini menanamkan sikap jujur dan sportif bagi siswa.

Bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan.Selain itu ketua OSIS yang nantinya terpilih diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh baik bagi temannya.

Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) SMPN 1 Kediri. Pemilos ini dilaksanakan sebagai bagian dari Fasilitasi Pendidikan Pemilih yang menyasar pra pemilih.

Pemilos yang diikuti oleh 1.116 orang siswa di 3 TPS ini berjalan lancar dan tertib. Petugas KPPS yang keseluruhannya merupakan siswa SMPN 1 Kediri dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Hasil Pemilos kali Ini yang dipandu Komisioner KPU kab Tabanan menghasilkan dari 4 kandidat yang bersaing. Calon terpilih Pande Komang Gede Artayasa dari kelas VIII N dengan perolehan suara 660. Diposisi kedua ditempati oleh Ni Putu Sista Angelina Putri Aryama dari kelas VIII C dengan perolehan suara 267. Untuk posisi ke tiga dengan perolehan suara 77 ditempati oleh Putu Suka Adi Wibawa dari kelas VII B. Posisi ke empat diduduki oleh Lafemita Quthrunnada Stafani kelas VII F.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kediri, Sagung Raka Suartini mengucapkan terima kasih kepada KPU Kabupaten Tabanan yang telah memfasilitasi pelaksanaan Pemilos ini. Beliau berharap melalui Pemilos ini dapat meningkatkan pengetahuan berdemokrasi di kalangan generasi muda sehingga meningkatkan partisipasi pemilih.

Pemilos yang digelar menyerupai Pilkada ini  diharapkan dapat membuka wawasan siswa tentang  pentingnya memilih untuk menentukan pemimpin mereka ke depan.Selaku Alumni telah mendukung dan melaksanakan Sistem Pendidikan Eksklusif di SMP Negeri I Kediri. Diharapkan pula oleh Kepsek SMP Negeri I Kediri agar alumnus lainnya bisa hadir ke Sekolah untuk memberikan Ilmunya kepada para siswa yang saat Ini sedang menuntut ilmu di SMP Negeri I Kediri.

I Putu Gede Weda Subawa Komisioner KPU Kabupaten Tabanan yang juga merupakan alumnus SMP Negeri 1 Kediri yang kerap disebut SPENSI singkatan dari SMP 1 Kediri.Gede Subawa dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada para Siswa SMP Negeri 1 Kediri bahwa tujuan dari Pemilos ini dilaksanakan adalah untuk memilih Ketua OSIS yang memiliki makna sebagai pembelajaran bagi para siswa sejak Usia dini tentang proses berdemokrasi.

Dengan proses ini, para siswa dapat mengenal demokrasi secara langsung dan dapat menggunakan hak-hak suaranya dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini Ketua OSIS.(ka)