Pemkab Bangli Gelar Upacara Nangkluk Merana di Catus Pata

63
Photo : Upacara Nangluk Merana di Bangli (18/12/2017)

Bangli,Mediapelangi.com–Untuk menetralisir alam beserta isinya dari butha kala dan mensucikan alam beserta isinya, Pemerintah Kabupaten Bangli, Senin (18/12/2017) menggelar upakara Nangluk Merana di Catus Pata Bangli. Ritual yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini juga dihadiri sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Bangli.

Menurut Kabag Kesra Setda Kabupaten Bangli Jero Widata, upacara nangluk merana yang sudah digelar rutin setiap tahunnya bertepatan dengan sasih ke enem, merupakan musim pancaroba, peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, dijelaskannya hujan yang turun di musim sasih ke enem lebih lebat dari musim sebelumnya yang tentu saja berdampak pada kondisi alam dan merebaknya penyakit atau hama yang menggagu tanaman persawahan dan tegalan. Hal itulah upacara nangluk merana ini di laksanakan dengan harapan memohon keselamatan, kesejahteraan sehingga para petani mampu meningkatkan hasil pertaniannya, jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, adapun sarana upakara menggunakan bebantenan caru paresiganaan, bebangkit, bakti suci tuntunan, tebasan nagluk merana  dengan menggunakan wewalungan asu blangbungkem, bebek blangkalung dan ayam manca warna.
Adapun prosesi, lanjut Jro Widata, diawali dengan Ida Sulinggih mepuja, dilanjutkan dengan panglukatan, ngemargiang bhakti pecaruan rsi gana, ngayabin bakti piuning, sesolahan tari pendet dan rejang dewa dan puncaknya dilaksanakan persembahyangan bersama “Kita berharap melalui ritual nangluk merana, alam semesta beserta isinya mendapatkan ketentraman dan dijauhkan dari segala musibah”, harapnya.

Lanjut  disampaikan Upacara Nangluk Merana di awali dengan penglukatan, ngayabang bakti piuning kesegara serta ke pura kanyangan jagat dan sad kayangan yang ada di Kabupaten Bangli, selanjutnya pecaruan ngresi gana, meduluran tebasan jaga satru dan tebasan sapa awu. Upacara ditutup dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Sidemen Temuku griya Jaksa Banjar Pande Kelurahan Cempaga Bangli.Upacara nangluk merana juga di iringi dengan tari rejang dan pendet, pungkasnya. (*/nt-mp).