Pemkab Tabanan Gelar Pasar Murah dan Layanan Kesehatan Gratis

337
Pemerintah Kabupaten Tabanan Gelar Pasar Murah yang digelar di Kecamatan Baturiti, tepatnya di Lapangan Umum Luwus, Baturiti, Kamis (28/02/2019) yang dipadukan dengan Program Sosial dan Kesehatan, yakni Mobil Sehat.

TABANAN, MEDIAPELANGI.com  – Menjelang hari raya, harga kebutuhan pokok atau sembako sering kali mengalami kenaikan. hal itu merupakan kekhawatiran yang utama bagi ibu-ibu, khususnya di Tabanan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tabanan Gelar Pasar Murah yang digelar di Kecamatan Baturiti, tepatnya di Lapangan Umum Luwus, Baturiti, Tabanan, Kamis (28/02/2019) yang dipadukan dengan Program Sosial dan Kesehatan, yakni Mobil Sehat.

Dalam pelaksanaannya kali ini, Pemkab Tabanan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, juga menggandeng Pihak Pertamina, memberikan bantuan sembako kepada 100 orang Lansia yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, didampingi oleh DPRD Tabanan I Nyoman Suadiana selaku Ketua Panitia,. Hadir juga I Nyoman Suta, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat, Perbekel dan Tokoh Masyarakat setempat.

Bupati Tabanan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bukan semata hanya Pasar Murah, tapi bagaiamana kegiatan ini agar berguna bagi masyarakat. Maka kegiatan ini dipadukan dengan program Sosial dan Kesehatan, seperti pemberian bantuan sembako kepada 100 orang Lansia di Kecamatan Baturiti dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Mobil Sehat dengan menggandeng pihak Pertamina.

“Mobil sehat ini gratis, ada pemeriksaan kanker serviks bagi ibu-ibu, ada juga dokter umum dan dokter mata juga ada dokter gigi. Niki program mobil sehat untuk masyarakat dan masyarakat bisa memeriksakan kesehatannya secara berkesinambungan, khususnya Ibu-ibu niki agar bebas dari kanker serviks,” pungkasnya.

Dan untuk pasar murah dirinya menjelaskan ada 400 kupon bagi masyarakat yang dibagikan oleh panitia kegiatan dalam rangka menyambut Hari raya Nyepi, sehingga bisa meringankan beban masyarakat. “Mudah-mudahan program ini bermanfaat, kebetulan ini menjelang Hari Raya. Di Pasar niki harganya murah dan mohon dimanfaatkan dan disampaikan pada masyarakat Baturiti lainnya yang tidak tahu menahu tentang Pasar Murah niki,” imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Bupati Eka berharap, selain masyarakatnya bisa berbelanja dengan harga yang murah, pun kesehatannya juga bisa dijaga melalui tersedianya fasilitas mobil sehat. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini disamping bisa meringankan beban masyarakat sekaligus bisa menjaga kesehatan dengan adanya fasilitas Mobil Sehat ini, sehingga tercipta masyarakat Tabanan yang Kuat, Sehat dan Cerdas. Serta sesuai dengan yang dicita-citakan Pemkab Tabanan, yakni bebasnya Ibu-ibu di Tabanan dari yang namanya Kanker Serviks,” tegasnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan,  I Nyoman Sudiana menjelaskan, selama pasar murah ini ada 400 kupon yang dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Baturiti, yang dibagikan sebanyak 80 kupon ke masing masing Desa yang ada di Kecamatan Baturiti, khususnya Baturiti bagian selatan. Kupon seharga Rp 100 ribu itu disubsidi 50 persen atau sebesar Rp 50 ribu, dan isinya berupa telur, minyak, beras, gula serta beberapa kebutuhan pokok lainnya. “Selain itu ada juga beberapa UMKM yang dirangkul untuk memberikan alterinatif pilihan bagi pengunjung. Ada juga Bulog dan Pertamina dengan produk gas LPG 3 kg,” tandasnya.(rls).