Pemkab Tabanan Komitmen Tingkatkan Ketahanan Pangan

244
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tabanan berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja Penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan saran dan masukan yang tertuang pada rekomendasi yang telah disampaikan DPRD Kabupaten Tabanan sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu diungkapkan Bupati Eka saat membacakan sambutan dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tabanan dengan agenda Penyampaiaan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan atas Pertanggungjawaban LKPJ Bupati Tabanan TA. 2019, yang dilaksanakan melalui video conference, Rabu (29/4/2020).

Pada sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga tersebut, Bupati Tabanan menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Tabanan atas pembahasan yang telah dilakukan terhadap LKPJ yang telah disampaikan Bupati dalam sidang sebelumnya, sehingga saat ini telah menghasilkan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati TA. 2019 ini.

“Kami selaku Kepala Daeraha sangat menghargai dan memaknai rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten Tabanan sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan dari segenap DPRD Kabupaten Tabanan dalam rangka memperhatikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan  di Kabupaten Tabanan,” pungkas Bupati Eka.

Baca Juga:  Penggunaan Air PDAM Tabanan Meningkat Sejak Pandemi Covid-19

Pada kesempatan itu Bupati Eka juga menyampaikan telah melakukan upaya yang terbaik dalam menangani krisis yang disebabkan oleh pandemic Corona. Ia mengakui, hal itu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, khususnya di Kabupaten Tabanan. Untuk itu Ia berharap agar seluruh elemen masyarakat, baik itu Pemerintah, Forkopimda dan instansi Vertikal dan BUMD serta masyarakat mampu meningkatkan kerjasama dalam memutus mata rantai wabah mematikan ini.

“Saat ini Saya harapkan kita semua tetap bergotong-royong, saling peduli dan empati karena permasalahan ini tidak untuk ditanggung sendiri. Kita harus tanggung bersama–sama dan harus bekerjasaama dan memikul semua beban yang ada utamanya yang kita hadapi kedepan masalah keberlangsungan hidup. Tentang jaringan ekonomi dan sosial yang sangat penting karena sudah banyaknya krimanilitas yang terjadi di daerah lain karena mereka banyak yang menjadi warga miskin baru. Hal ini sangat berpotensi di Tabanan dan sangat perlu diantisispasi,” ujarnya.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Bupati Eka mengatakan Pemkab Tabanan akan meluncurkan program melakukan produksi pangan dan menciptakan lapangan kerja dari sektor pertanian. Karena menurutnya hal ini sangat penting, mengingat Tabanan merupakan Lumbung Pangannya Bali yang tentunya ini harus digerakan dengan menghidupkan  sektor pertanian yang terintegrasi.

Baca Juga:  Mulai 28 Mei, Penumpang Pesawat ke Bali Wajib Hasil Tes Swab Negatif

“Karena untuk masalah pandemic ini perlu diketahui tidak mudah untuk selesai 2 atau 3 bulan kedepan. Malah saya prediksi sampai akhir tahun kita harus punya stok pangan, kita harus punya proyeksi atau rencana kerja gimana kita mengedepankan sektor ketahanan pangan kita sebagai garda terdepan untuk keberlangsungan hidup umat, khususnya yang ada di Kabupaten Tabanan,” imbuh Bupati Eka.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga juga berharap agar semua pihak agar selalu menunjukan kerjasama yang baik sesuai dengan  apa yang disampaikan Bupati Eka dalam menanggulangi penyebaran pandemic ini. Dan tidak henti-hentinya mengucap syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Dan memohon sinar suci-Nya sehingga pandemic Coovid-19 segera berakhir yang tentunya didahului upaya kita bersama untuk melakukan penanggulangan, sehingga penyebarannya dapat diminimalisir,” ujarnya. (*mp/rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here