Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Tabanan

176
Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com  –  Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Tabanan berlangsung dengan khidmat di tengah hujan gerimis yang menguyur Tabanan.  Apel HUT ke-73 RI  ini dipusatkan di Lapangan Dangin Carik, Tabanan, Jumat (17/8). Dalam apel tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bertindak selaku Inspektur Upacara.

Upacara dan detik-detik proklamasi dilaksanakan tepat pukul 10.00 wita dan dihadiri oleh Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya, Forkompinda, anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekretaris Daerah Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa dan seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Tabanan. Turut hadir pula sebagai peserta upacara, para veteran pejuang, wara kawuri, TNI/Polri, Korpri, Hansip, para siswa dan pramuka.

Selain diisi dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dalam upacara peringatan  detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tersebut juga dilaksanakan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan  I Ketut Suryadi, dan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, I Gede Susila. Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu Andhika Bayangkari.

Sebelumnya, Jumat dinihari,  bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancakatirta Tabanan,   Gubernur Bali Made Mangku Pastika memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka peringatan HUT Proklamasi  Kemerdekaan   Republik Indonesia ke-73 Tahun 2018.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimulai tepat Pukul 00.00 WITA  dihadiri Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya dan diikuti oleh Kesatuan TNI, POLRI, OPD  di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, OPD Kota Denpasar, Sekda dan Jajaran OPD Kabupaten Tabanan serta peserta lainnya.

Apel kehormatan ini dimulai dengan penghormatan arwah para pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Gubernur Bali  Made Mangku Pastika.  Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimaksudkan untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. @HumasTabanan