Peringatan Hari Koperasi ke-71 di Tabanan, Momentum Penguatan Koperasi dalam Mendukung Ekonomi Nasional

64
foto - ist - Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya Menyerahkan Penghargaan Kepada Koperasi Terbaik tahun 2018

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 12 juli lalu, dalam peringatannya selalu digelar di tingkat nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Tabanan, peringatan Hari Koperasi  dipusatkan di Gedung Pertemuan KUD Penebel, Selasa (17/7/2018) dengan mengambil tema “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa yang juga merupakan Ketua Dekopinda Tabanan, Dekopinwil Provinsi Bali, OPD terkait, Camat dan seluruh penggerak koperasi di Tabanan.

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Sanjaya mengungkapkan, melalui tema peringatan tahun, ini dirinya berharap koperasi semakin tumbuh kuat sebagai gerakan ekonomi rakyat, mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, bersaing dan memberikan kontribusi positif dalam ekonomi global.

“Saya berharap koperasi semakin tumbuh dan berkembang serta mampu menggerakkan semua bidang usaha, menyerap aspirasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ungkapnya.

Dikatakannya pertumbuhan koperasi di Tabanan sudah cukup dinamis sampai tahun 2018 ini. Kemajuan secara kuantitas sudah sepantasnya diikuti dengan kemajuan kualitas. Untuk itu pihaknya mengajak para penggerak koperasi untuk selalu introspeksi, meningkatkan mutu sdm dan kerja sama serta kembali pada jati diri koperasi.

“Saat ini persaingan semakin ketat, maka koperasi harus memikirkan cara bagaimana membangun koperasi supaya tidak kalah dengan yang lain. Sumber daya manusia dan  manajemen harus dibenahi. Jika sudah begitu maka pasti koperasi akan semakin kuat dan lebih bagus lagi. Pemilihan dan ijin koperasi juga harus jelas dan selektif,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya mengajak untuk bersama-sama mengenang jasa Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi, dan juga orang-orang yang telah berjuang mewujudkan koperasi di Indonesia. Tak lupa pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua stakeholder atas kerja sama dalam pemberdayaan koperasi di Tabanan.

“Terima kasih kepada semua stakeholder atas kerja samanya dalam pemberdayaan koperasi di Tabanan. Kerja sama ini agar lebih ditingkatkan lagi ke depannya. Dirgahayu Hari Koperasi, semoga koperasi semakin mandiri menuju Tabanan Serasi,” imbuhnya.

Ketua Panitia kegiatan I Nyoman Natia menyampaikan, tujuan peringatan Hari Koperasi ke-71 ini antara lain sebagai momentum yang tepat untuk mengenang nilai luhur pemikiran pendiri koperasi, memberikan motivasi bagi penerus gerakan koperasi serta menggugah perhatian semua pihak untuk bersama-sama mendukung keberadaan Koperasi Indonesia.

“Koperasi bangkit sejak 12 Juli 1947, oleh karena itu melalui peringatan ini mari kita berperan, mendukung dan memperkuat koperasi Indonesia,” ungkapnya.

Pihaknya melaporkan sampai dengan 30 Juni 2018,  di Tabanan terdapat 564 Koperasi yang terdiri dari 457 koperasi aktif dan 107 koperasi tidak aktif. Pihaknya juga menyampaikan laporan kegiatan dalam menyambut Harkop di Kabupaten Tabanan antara lain sosialisasi, pelatihan, rakerda, persembahyangan,jalan santai dan kegiatan lainnya.

“Kegiatan yang kami lakukan antara lain Sosialisasi tentang berbagai upaya ekonomi dan sosial, gerakan kebersihan di lingkungan lainnya, pelatihan-pelatihan dan lain-lain. Kami juga akan berpartisipasi dalam puncak perayaan Hari Raya Koperasi Tingkat Provinsi Bali ke 71 yang akan dilaksanakan tanggal 20 Juli di Kabupaten Jembrana, ” jelasnya.

Perwakilan Dekopinwil Provinsi Bali, Muliarsa Mandala, memberikan ucapan terimakasihnya kepada Pemkab Tabanan yang telah memfasilitasi acara peringatan Hari Koperasi di Tabanan sehingga berjalan lancar.

“Terima kasih kepada Pemkab Tabanan serta semua pihak penggerak koperasi yang telah mendukung kegiatan ini.Mari kita berbangga menjadi insan koperasi yang mampu menduikung ekonomi nasional,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada koperasi terbaik tahun 2018 tingkat kabupaten Tabanan tahun 2018, serta pemberian bingkisan kepada 10 orang KK miskin. Koperasi Terbaik kategori KSP/USP diraih oleh Koperasi Werdhi Sedana Asih, kategori fungsional diraih KPN Merta Sedana Guru, sedangkan  kategori Konsumen diraih oleh Primer Koperasi Kartika Dwi Tunggal. @HumasTabanan